Peresmian Jalan PNPM-MPd 2014 dan Situs Cagar Budaya di Sungai Jambu Pariangan

Gubernur Irwan Prayitno menggunting pite pada peresmian jaln PNPM-MPd 2014.

Gubernur Irwan Prayitno menggunting pite pada peresmian jaln PNPM-MPd 2014.

Advertisements

Tanahdatar, PADANGTODAY.com-Gubernur Irwan Prayitno meresmikan jalan PNPM-MPd 2014 dan Situs Cagar Budaya Alam Minangkabau di Jorong Batur Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Minggu siang, (14/6). Hadir dalam kesempatan itu Sekdakab Tanah Datar Drs. Hardiman, Tokoh Muhammadiyah Khatib Pahlawan Kayo, Tokoh Perantau Sungai Jambu Dr. Yuskar, Tokoh Masyarakat M Z Dt. Kayi, Camat dan Walinagari.

Kegiatan ini sekaligus menjadi alek masyarakat Nagari Sungai Jambu Pariangan, sebagai tanda rasa syukur sekaligus sebagai acara silaturrahmi menyambut bulan sunci ramadhan tahun ini.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutanya menyampaikan, kita patut bangga dan senang dengan keberhasilan pembangunan jalan PNPM – MPd ini sebagai bentuk kesadaran partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pembangunan di nagari. Kita yakin jika saja pembangunan ini tidak didukung oleh masyarakat dan keikutsertaannya hasil ini tentu tidak sebaik sekarang ini.

Walaupun diakui bantuan ini amat terbatas dananya, namun dengan sosial capital kekuatan pemberdayaan masyarakat tentunya hasilnya jauh lebih bernilai dan berdampak ganda terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Kita juga patut menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah yang telah terjadi sebagai bahagian bentuk bukti bagi generasi muda dalam perkembangan adat dan budaya Alam Minangkabau. Jika ini dapat kita pertahankan dan dipelihara dengan baik, tentunya nagari Sungai Jambu ini dapat pula menjadi kunjungan wisata sejarah Alam Minangkabau bagi para wisatawan baik mancanegera maupun wisatawan lokal.

Asal saja situs-situs ini jangan pula merusak aqidah kita terhadap Allah SWT, karena itu menjaga dan memelihara tentunya untuk kemajuan dan perkembangan daerah ini baik dalam sisi ekonomi maupun dalam bentuk fasiltas umum, guna kesejahteraan yang lebih baik, himbaunya.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekdakab Drs. Hardiman menyampaikan, kegiatan ini patut kita sambut baik sebagai sebuah pembuktian bahwa dengan kebersamaan pemerintah dengan masyarakat dalam meningkatkan pembanguan daerah.

Dan kita juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah menyalurkan kegiatan ini, sesuai pula dengan kegigihan para tokoh-tokoh masyarakat nagari Sungai Jambu Pariangan ini. Kita menyadari saat ini dana 46 persen APBD Kabupaten Tanah Datar terfokus pada sektor pendidikan dan dengan keterbatasan dana yang ada pemkab juga membutuhkan dukungan dan bantuan dana dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, ujarnya. (admin/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*