Peringatan Hari Jadi Kota Padang Panjang ke-227 Tahun Dihiasi Berbagai Kegiatan

Padang Panjang, Padang-Today.com – Setiap tanggal 1 Desember, Padangpanjang merayakan hari jadi kotanya dan untuk Tahun 2017, kota berjuluk Serambi Mekah itu genap berusia 227 Tahun. Usia yang sudah sangat matang untuk sebuah daerah itu, tentunya banyak harapan tertumpang terhadap Pemerintah Kota Padangpanjang yang dipimpin oleh H. Hendri Arnis, BSBA sebagai Walikota dan dr. H. Mawardi, M.Kes sebagai Wakil Walikota.

Advertisements

Saat usia Padangpanjang telah menginjak 227 Tahun, Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis sangat memimpikan Padang Panjang menjadi kota yang indah, damai dan aman (Idaman). Sehingga, Padang Panjang menjadi tempat hunian yang didambakan oleh seluruh masyarakat.

“Sebagai kepala daerah, kita mencoba memenuhi berbagai harapan masyarakat, meskipun dalam empat tahun kepemimpinan saya, belum seluruhnya dapat direalisasikan. Tetapi, kita akan berusaha, bergagai harapan tersebut bisa diwujudkan menjadi kenyataan,” sebut Hendri Arnis.

Hendri Arnis menceritakan, di awal kepemimpinannya, dirinya dihadapkan dengan permasalahan pembangunan pasar yang tak kunjung bisa direalisasikan. Dari berbagai informasi yang didapatkannya, dirinya mencoba mencari formulasi bagaimana pembangunan pasar itu bisa dilaksanakan, tetapi tanpa menggunakan jasa investor, sesuai dengan permintaan masyarakat dan pedagang kepadanya.Setelah pembangunan pasar direalisasikan menggunakan APBD melalui program multi years, lanjutnya, dirinya tidak ingin hanya pasar saja yang dibangun, tetapi Padangpanjang sebagai kota Serambi Mekah, juga harus memiliki lokasi yang pusat pengkajian agama Islam, maka dianggarkan lah pembangunan Islamic Center di Kelurahan Koto Katiek Kecamatan Padangpanjang Timur. Termasuk juga, pembangunan rusunawa di Kelurahan Kampung Manggis sebagai antisipasi dari masyarakat yang tinggal di kawasan zona merah.

Hendri Arnis juga menyampaikan, kini setelah 4 tahun dirinya memimpin di Kota Padangpanjang, telah cukup banyak prestasi yang telah diraih dan berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan, betul-betul dirasakan oleh masyarakat dan bisa terus ditingkatkan untuk masa kedepannya.Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Dr. H. Novi Hendri, SE, M.Si Dt. Bagindo Saidi mengakui, momentum peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padangpanjang Tahun 2017 menjadi spesial karena bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW.

“Peringatan HJK tahun ini begitu spesial, cukup banyak capaian yang telah diraih oleh kota yang kita cintai ini. Ini tidak terlepas dari kemitraan yang baik antara pemerintah daerah dengan lembaga DPRD, yang sama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Novi Hendri.

Disampaikan Politisi Partai Golkar itu, dibawah kepemimpinan Wali Kota Hendri Arnis dan Wakil Wali Kota Mawardi, telah banyak prestasi yang diraih oleh kota dengan luas sekitar 23 KM persegi itu. Termasuk juga dalam segi pembangunan, wajah Padangpanjang telah jauh berubah, seperti halnya pembangunan pasar Padangpanjang, pembangunan Islamic Center, pembangunan Rusunawa dan banyak program pembangunan lainnya yang telah dirancang dan direalisasikan.“Hal itu, tidak terlepas dari sinergitas antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemko yang tidak kenal lelah membahas berbagai rancangan program yang diajukan oleh pemerintah daerah, maupun program pokok-pokok pikiran dewan yang muaranya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sebut Novi Hendri.

Novi Hendri juga berharap, dengan Visi dan Misi Wali Kota dan Wali Kota Padang Panjang yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang hanya menyisakan waktu satu tahun lagi, hendaknya dapat seluruhnya direalisasikan, baik dari segi pembangunan, pendidikan, kesehatan dan program keagamaan.

“Meskipun ada pro dan kontra dalam berbagai pembahasan anggaran yang dilaksanakan bersama pihak DPRD, baik ditingkat rapat kerja gabungan, kunjungan lapangan, maupun dalam Sidang Paripurna. Itu adalah bentuk pengawasan dari lembaga DPRD, agar apa yang dilaksanakan oleh rekan-rekan di pemerintah daerah, bisa terlaksana sesuai dengan perencanaan,” harap Novi Hendri.

Sementara itu, pada peringatan Hari Jadi Kota (HJK) ke 227 tahun 2017 ini, Padang Panjang bagaikan ‘Baralek Gadang.’ Sejumlah atraksi, kegiatan dan lomba digelar. Kemeriahan HUT Kota Hujan kali ini telah menyedot perhatian banyak orang. Tidak hanya dikalangan warga Kota Padang Panjang, malah sempat menarik perhatian masyarakat daerah lainnya.

Sekretaris darah Kota Padang Panjang, Indra Gusnady ketika dimintai komentarnya, mengakui bahwa dalam peringatan HUT tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kemeriahan ini wajar saja, lantaran dari sejumlah event yang digelar, beberapa diantarannya merupakan event nasional dan satu moment diantarnya adalah aksi pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Artinya, dalam peringatan hari ulang tahun Kota sekarang, Padangpanjang bagaikan Baralek Gadang.“Namun dari 19 kegiatan yang dikemas, termasuk puncaknya rapat paripurna DPRD Kota Padangpanjang 1 Desember 2017, kita tetap mengedepankan konsep Padang Panjang sebagai Kota Wisata nan Islami,” terang Sekda Indra Gusnady.

Dipaparkan sekda, rangkaian kegiatan dimulai dengan pagelaran Festival Budaya Daerah (FBD) pada 25 Oktober lalu. Kemudian lomba layang-layang, gerak jalan santai dan senam masal berhadiah, festival otomotif kreasi tingkat nasional, lomba nyanyi solo dan lomba baju kurung basiba.

Berikutnya lomba Tartil Tilawah, lomba tartil Mujawaj dan lomba tartil cilik, lomba drumbamd antar Taman Pendidikan Alquran (TPA), Tabligh Akbar serta ada kegiatan gotong royong masal.

Kemudian pada Minggu (26/11) dilaksanakan moment acara pemecahan rekor MURI berupa festival masak Cangkuak dengan tungku terbanyak, yakni 1127 tungku yang diikuti ibu-ibu dan remaja putri se-Kota Padang Panjang.Lalu, Badan Kontak Majelis Taqlim (BKMT) Kota Padang Panjang juga melaksanakan Tabligh Akbar BKMT se-Sumatera Barat di Masjid Raya Jihad, Padang Panjang. Dinas Arsip dan Perpustakaan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, menggelar Lomba Literasi baca Puisi tingkat nasional, yang diikuti peserta dari sejumlah propinsi se Indonesia.

Bagi pecandu mancing, Dinas Pertanian melaksanakan Lomba Pancing Ikan lele di UPTD BBI Ekor Lubuk. Mancing lele ditengah guyuran hujan, Rabu (29/11) kemaren tidak menyurutkan minat ratusan peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan basah-basah tersebut.

Dinas Koperindag &UKM turut ambil bagian dengan menggelar Bazar pasar murah dan gelar produk UKM di lapangan Bancah Laweh. Kemudian Dinas Pendidikan mengadakan lomba Tarik tambang dan turnamen futsal antar pelajar se Kota Padang Panjang, dan tak ketinggalan bagi penggemar burung, dilaksanakan Festival Lomba Burung Berkicau.Kamis (30/11) malam ini, Dinas Pariwisata bakal menghoyak Padang Panjang dalam acara bertajuk Festival HJK Padang Panjang yang menampilkan belasan artis ternama, baik dari Jakarta maupun sejumlah artis beken Sumatera Barat.

“Puncaknya, peringatan Hari Jadi Kota Padang Panjang tanggal 1 Desember 2017, dilaksanakan sidang paripurna istimewa DPRD Kota Padang Panjang, dengan mengundang Gubernur Sumbar, Bupati / Walikota se-Sumbar, para tokoh Kota Padang Panjang, seluruh pejabat dan forkopimda Padang Panjang, Orpol, Ormas, OKP, ninik mamak, tokoh pendidik, Ulama serta unsur Pers Kota Padang Panjang,” ujar Sekda Indra Gusnady, sembari menyebutkan, malamnya dilanjutkan dengan Malam Resepsi peringatan Hari jadi Kota ke 227. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*