Peringati Hari Pancasila, Paduan Suara SMA/SMK Berkompetisi

lomba-paduan-suaraJakarta, PADANGTODAY.com – Lomba paduan suara tingkat SMA/SMK tersebut dilaksanakan sejak 16-18 September 2014, di Gedung Ki Hajar Dewantara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Setiap kelompok menyanyikan dua buah lagu, satu di antaranya adalah lagu wajib “Semangat Mojopahit Sriwijaya” ciptaan Cornel Simanjuntak. Sedangkan untuk lagu pilihan terdapat tiga lagu, Bangun Pemudi Pemuda, Garuda Pancasila, dan Pada Pahlawan.

Menyambut peringatan hari kesaktian pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, 19 kelompok paduan suara dari 19 SMA/SMK se-Jakarta berkompetisi untuk menampilkan yang terbaik. Betapa tidak, lima kelompok yang nantinya memenangkan kompetisi ini akan menjadi paduan suara yang tampil pada peringatan hari kesaktian pancasila di Lubang Buaya, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, kelima paduan suara ini akan bernyanyi di hadapan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, beserta jajaran menteri di kabinet bersatu II.

Salah satu peserta dari SMKN 53 Jakarta mengatakan, kelompok paduan suara dari sekolahnya beranggotakan 31 siswa kelas X dan XI. Dalam kesempatan ini, selain membawakan lagu wajib, lagu yang dipilih sebagai lagu pilihan adalah Bangun Pemudi Pemuda. “Kita undian nomor 34, nanti nyanyi dua lagu,” katanya sebelum tampil bernyanyi di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemdikbud, Rabu (17/09/2014).

Lomba ini diselenggarakan atas kerja sama Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemdikbud, dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Penampilan ke 19 kelompok paduan suara ini terbagi dalam dua hari (16 dan 17 September). Dari 19 kelompok akan disaring menjadi 10 kelompok yang akan kembali diadu kemampuannya pada 18 September. Dan dari 10 kelompok inilah akan dijaring lima pemenang terbaik.

Selama perlombaan berlangsung para peserta akan dinilai oleh tiga juri. Ketiganya memiliki latar belakang penjurian yang sangat panjang. Mereka juga aktif di kelompok paduan suara baik di kampus maupun yayasan.

Hadiah yang disiapkan bagi pemenang lomba adalah tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Uang pembinaan bagi juara 1 adalah Rp10.000.000, juara 2 Rp7.500.000, dan juara 3 Rp5.000.000. Dan untuk juara harapan 1 dan 2 disiapkan uang pembinaan sebesar Rp4.000.000 dan Rp3.000.000. Tahun lalu, yang menjadi pemenang di lomba ini adalah SMAK 3 Penabur Jakarta sebagai juara 1, SMA 79 juara 2, dan SMA N 78 juara 3.

Adapun kriteria penilaian dalam lomba ini mencakup materi suara, lagu yang dibawakan, pembawaan, dan penampilan. Untuk penilaian lagu yang dibawakan akan dinilai dari diksi maupun intonasi. Dan untuk pembawaan, ekspresi penyanyi dan dirigen akan menjadi salah satu aspek penilaian. (md/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*