Peringati Hari Peduli Sampah Nasional OPD se-Kota Padang Panjang Goro Bersama

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dengan mengusung tema “Sayangi Bumi, Bersihkan Sampah” Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang gelar goro bersama disetiap OPD.

Advertisements

Goro bersama yang dilaksanakan adalah untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Erwina Agreni, S.Si, M.Si mengatakan, untuk memperingati HPSN Pemko Padang Panjang gelar kegiatan goro bersama dilingkungannya masing-masing.

“Goro kali ini kita adakan di OPD sebab sesuai dengan surat edaran dari Sekretariat Provinsi, HPSN bisa kita lakukan dengan pembersihan Kantor, rumah ibadah, sungai serta fasilitas umum, nah kita sebelumnya sudah melaksanakan goro di fasilitas umum (aliran Sungai) dan saat ini kita adakan goro di kantor,” terang Erwina.

Kegiatan goro saat ini tidak hanya membersihkan sampah saja, melainkan mengumpulkan sampah sekaligus memilah-milah sampah mana yang organik dan mana yang an-organik.
“Sampahnya kita pisah, organik dapat kita komposkan, anorganik jika tidak bisa dimanfaatkan nanti kita buang ke TPSA,” jelas Erwina.

Nanti setelah selesai goro, tim dari Dinas Perkim akan turun ke setiap OPD dan akan menimbang semua sampah yang telah dikumpulkan oleh OPD disana.

Setiap OPD akan dinilai apakah mereka melakukan pemilahan sampah atau tidak. Dan jika ada sampah an organik dari OPD akan dikumpulkan, sampah yang dikumpulkan ini akan menjadi tabungan untuk OPD tersebut yang nantinya dapat ditukarkan ke Bang Sampah.

“Kita saat ini sedang mengalakkan kata “Bersih bisa kok” nah dengan adanya kata-kata ini diharapkan timbul kesadaran dari semua masyarakat dan OPD untuk peduli terhadap sampah yang mereka hasilkan,” tutup Erwina. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*