Perlu Penguatan Internal Kelembagaan Penyelenggara Pemilu

    Padang-today.com – Mantan Komisioner KPU-RI Dr. Ferry Kurnia Rizkiansyah,S.IP, M.S menyatakan KPU penting melakukan upaya penguatan internal kelembagaan agar tata kelola berjalan baik.

“Sangat dibutuhkan penguatan kelembagaan serta kemandirian penyelenggara,”kata Ferry dalam diskusi penata kelolan Pemilu di Padang.

Menurut Ferry,  KPU perlu menggandeng berbagai pihak seperti perguruan tinggi dan pers untuk perkuatan sosialisasi, pendidikan politik serta untuk menghindari Hoax guna membangun kepercayaan publik.

Ferry mengatakan, penguatan pemilu itu sangat dibutuhkan kemadirian penyelenggara pemilu itu sendiri, sehingga tata kelola dapat berjalan dengan baik.

“Penguatan demokrasi itu tidak terlepas dari partai politik sehat, perguruan tinggi kritis, pemilih rasional, mandiri, serta pers yang mencerdaskan dan menghilangkan hoax,”ungkap dia.

Kekuatan dan kemandirian KPU dan sosialiasi sehat melalui media massa, tambah Ferry dapat menekan hoax yang ada di media sosial, maka bangsa ini akan mendapatkan hasil terbaik, meskipun semua itu tidak terlepas dari calon yang ada.

Sementara itu Nova Indra menyatakan, kapasitas personal dari penyelenggara juga perlu terus ditingkatkan, sehingga secara otomatis ikut meningkatkan kapasitas lembaga.

“Apapun perubahan teknologi yang ada pada penyelenggaran pemilu, jika kapasitas personal ditingkatkan maka semua tidak akan ada persoalan,”ujar dia.

Diskusi penata kelolan pemilu, KPU Sumbar selain menghadirkan Ferry Kurnia Rizkiansyah,S.IP, M.S sebagai narasumber, juga mendatangkan Nurhidayat Sardini, S.Sos, K.Si. Hadiri dalam diskusi yakni wartawan, partai politik, KPU kabupaten/kota se-Sumbar, organisasi masyarakat.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas