Perlu Perda untuk Menerapkan Hukum Adat Minangkau Di Sumbar

Padang-today.com – Penerapan Hukum adat Minangkabau (HAMk) dapat diterapkan dan mendapatkan legalisasi secara ketatanegaraan melalui Peraturan Daerah (Perda) Sumbar.

Di dalam peraturan daerah tersebut, hal prinsip yang mesti termaktub dalam Perda dimaksud adalah penerapan HAMk melalui “Desa Adat”, bukan “Desa Pemerintahan”. Namun, dalam pelaksanaan “Desa Adat” tersebut kelak, fungsi-fungsi pemerintahan tetap dilaksanakan dan dijalankan seperti sekarang, tetapi untuk menjalankan fungsi-fungsi berkenaan hak asal usul diserahkan kepada masyarakat adat itu sendiri.

    Demikian poin-poin kesimpulan Diskusi Terpumpun Duduak Baropok Aplikasi HAMk yang dipandu Pemimpin Redaksi Singgalang H Khairul Jasmi yang digelar Mahkamah Adat Alam Minangkabau (MAAM), Minggu (1/9) di Istana Bung Hatta Bukittinggi.

    Imam MAAM Tengku Irwansyah Dt Katumangguangan mengatakan kesimpulan itu diperoleh berdasarkan hasil diskusi yang melibatkan sejumlah akademisi, praktìsi dan pemangku adat.

    “Untuk menindaklanjuti kesimpulan itu, MAAM akan memprogramkan penyusunan konsep yang bisa dijadikan bahan untuk Ranperda penerapan Hukum Adat Minangkabau di Sumbar,” tutur Dt Katumangguangan.

    Berkaitan dengan rangkaian Peringatan Tahun Baru Hijriah 1441 H yang digelar MAAM, Ketua Panitia Pelaksana Taufik Effendi Rajo Bujang didampingi Wakil Ketua Ramdalel Bagindo Ibrahim dan Sekretaris Indra Dodi Rajo Lobieh mengatakan kegiatan berjalan sukses.

    “Pawai Muharam sukses, sekitar 250 peserta dari unsur pemangku adat, ulama, cadiek pandai dan majlis taklim BKMT Bukittinggi serta para pelajar, berarak dari Lapangan Kantin menuju Istana Bung Hatta. Ini memperlihatkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” tutur Ramdalel Bagindo Ibrahim, tokoh muda Bukittinggi.

    Dikatakan, usai bararak dilanjutkan dengan tausyiah, diskusi dan Rapat Kerja MAAM. “Kegiatan kita juga dihadiri sejumlah pejabat Kota Bukittinggi, dan Wakapolres Bukittinggi Sumintak. Kita mengucapkan terima kasih atas segala kemudahan dan dukungan dari para pihak yang ada,” pungkas Ramdalel Bagindo Ibrahim.(*rel/dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas