Pertahankan Gelar Juara Umum, Lima Kaum Gelar MTQ Tingkat Kecamatan

Tanah Datar, Padang-Today.com – Tidak ingin kehilangan predikat juara umum dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, Kecamatan Lima Kaum gelar MTQ tingkat kecamatan guna mencari qori dan qoriah terbaik, Jumat (09/12/17) di Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Advertisements

Kecamatan yang memiliki 5 nagari tersebut, pada pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten sebelumnya sudah 2 kali berturut turut menjadi juara umum, dan ini akan tetap dipertahankan pada ajang MTQ yang ke 40 di Kecamatan Lintau Buo pada 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Camat Lima Kaum Afrizal disela sela pembukaan MTQ oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma.

“Kami bertekad, mempertahankan gelar juara umum pada MTQ tingkat kabupaten, dan inilah saatnya kami menjaring qori dan qoriah terbaik di lima nagari,” kata Afrizal kepada padangtoday di Lapangan Cindua Mato.

Afrizal menambahkan, MTQ kali ini diikuti oleh 5 nagari masing masing Nagari Baringin, Nagari Limo Kaum, Nagari Cubadak, Nagari Labuah dan Nagari Parambahan.

“Sekitar 500 orang peserta dan official dipersiapkan oleh kelima nagari, semoga apa yang di idamkan masyarakat Lima Kaum tetap menjadi juara umum dapat kembali dipertahankan,” tutur Afrizal.

Pembukaan MTQ ke II Tingkat Kecamatan Lima Kaum berlangsung cukup meriah dengan penampilan atraksi budaya dan pakaian adat dari berbagai daerah di Tanah Datar, sehingga filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah terasa kental sekali dengan nilai-nilai qurani.

Wakil Bupati Zuldafri Darma, dalam sambutannya mengatakan, jika MTQ yang dilaksanakan oleh kecamatan kecamatan yang ada di Tanah Datar dapat melahirkan kembli generasi Al quran yang bisa mengukir prestasi di perlombaan lebih tinggi.

“Kami yakin, dengan melahirkan bibit qori dan qoriah terbaik kecamatan Lima Kaum mampu mempertahankan juara umum untuk ketiga kalinya di Kecamatan Lintau Buo mendatang,” ucapnya.

Pada pelaksanaan MTQ yang digelar dari tanggal 8 hingga 10 Desember mendatang ini ucap Wabup, dapat dijadikan momentum peningkatan ukhuwah Islamiah sesama umat Muslim dan wujud dari misi pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Madani dan Kabupaten Tahfiz.

“Mari kita jadikan Al Quran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, jadikan membaca Alquran sebagai kebutuhan, sehingga tercapainya kehidupan yang jauh dari penyakit masyarakat, dan penyakit sosial lainnya,” sebut Zuldafri Darma. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*