Pertengahan Tahun Puasa, TdS 2015 Ditabuh Oktober

PADANG,PADANGTODAY, COM-Pelaksanaan Tour de Singkarang (TdS) yang biasanya digelar petengahan tahun, tahun ini kemungkinan dilaksanakan akhir tahun.

Advertisements

Bakal beredarnya pelaksanaan iven balap sepeda ini dari tahun sebelumnya, karena pada 2015 ini, tengah tahun bertepatan dengan bulan puasa.

“Jadwal TdS tahun kemungkinan berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini terjadi, karena iven yang bisa digelar bulan Juni bertepatan dengan bulan puasa. Rencana TdS bakal digelar 3 sampai 11 Oktober,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatra Barat, Burhasman

Katanya, berbedanya jadwal TdS 2015 dengan tahun sebelumnya, sudah diputuskan saat pelaksanaan 2014 lalu. Jadi, 2015 TdS tetap digelar.

“TdS bukan alek Sumatra Barat. Tapi sudah menjadi agenda rutin tahunan nasional. Malahan TdS adalah iven di Indonesia yang masuk iven organisasi balap sepeda dunia. Nah, kalo pemerintah pusat ingin menghabiskan, saya rasa itu tidak mungkin,” jelasnya.

Dengan digelarnya setiap tahun, TdS lanjutnya bisa menjadi simbol Sumbar dimata dunia. Ia mencotohkan dengan hanya melihat patung singa di Singapura, masyarakat dunia dipastikan sudah mengetahui patung tersebut terletak di Singapura.

“Begitupun jika TdS semakin membomming yang bisa menjadi brandid Sumatra Barat. Jadi kalau disebut nama singkarak, wisatawan asing langsung teringat Sumbar, bukan hanya danaunya. Kalau tak digelar lagi, bukan saja Sumbar yang rugi, namun juga Indonesia” tegas Burhasman.

Sedangkan untuk etape, tahun ini, Burhasman menjelaskan akan tetap melewati 18 kabupaten kota, kecuali Kabupaten Mentawai.

“Untuk kabupaten dan kota sebenarnya sudah penuh, kecuali Mentawai karena tak mungkin dilalui karena rutenya tidak mencukupi. Sebab minimal jarak tempuh peretape minimal 100 kilometer. Belum ada jalan di Mentawai yang panjangnya seperti itu,” ucap Burhasman saat opening kampuang bundo resto.

Meskipun begitu, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mengatakan kepada pemerintah daerah dan masyarakat Mentawai masih bisa berpromosi selama kegiatan berlangsung.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*