Peserta BPJS Kesehatan Padang Pariaman Meningkat Setiap Tahun

BPJS
Padangpariaman, PADANG-TODAY.com-Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Fakhrurozi himbau agar seluruh masyarakat, pekerja dan pegawai untuk terdaftar sebagai Anggota BPJS Kesehatan hingga akhir 2015 mendatang. Ia mengaku Pemda Padang Pariaman telah berhasil meningkatkan peserta BPJS Kesehatan setiap tahunnya.

Advertisements

Hal tersebut ia sampaikan pada Forum komunikasi Para pemangku kepentingan utama dan Forum Kemitraan Kabupaten Padang Pariaman dengan BPJS Kesehatan Cabang Padang, di ruang rapat Sekda, Selasa (22/9). Kegiatan ini merupakan agenda triwulan dalam rangka sosialisasi dan persamaan persepsi dalam ketentuan-ketentuan terhadap BPJS Kesehatan. Forum ini bertujuan untuk bersinergi mewujudkan pelayanan berkualitas untuk indoensia yang lebih sehat.

“Kita apresiasi Pemda Padang Pariaman meningkatkan peserta BPJS kesehatan sebanyak 218.853 jiwa dari 527.747 penduduk. Artinya lebih dari 41% masyarakat telah memiliki kartu BPJS Kesehatan” kata Mantan Kacab BPJS Kesehatan Kota Batam itu.

Berbagai inovasi telah dilakukan dalam sosialisasi BPJS Kesehatan yaitu dengan sosialisasi kepada Pegawai Negeri, Pekerja dan mneyurati Badan Usaha untuk medaftarkan tenag kerjanya ke BPJS. Selain itu pihaknya juga mengadakan penyediaan brosur, pamflet, spanduk dalam rangka memotivasi masyarakat untuk datang ke kantor BPJS terdekat.

“Untuk kegiatan sosialiasi itu kita juga pasang rubrik tanya jawab di media cetak harian dan ke depan dengan media elektronik” kata Pria yang akrab disapa Oji itu.

Ia juga tak menyangkal masih banyak Badan Usaha yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Kesehatan dan diharapkan menjadi perhatian bagi Pemkab Padang Pariaman.

Sementara itu Sekda Jonpriadi membenarkan bahwa melalui Program Padang Pariaman Sehat (PPS) semakin menimbulkan keinginan masyarakat untuk mengurus BPJS Kesehatan.

“Program Padang Pariaman Sehat yang dipelopori oleh Bapak Bupati sejak tahun lalu memacu masyarakat menjadi peserta BPJS Kesehatan” kata mantan Kepala Bappeda itu.

Kepala BKD yang diwakili Sekretaris Nailus meminta pihak BPJS Kesehatan untuk mensosialisasikan mengenai BPJS Kesehatan karena ia beranggapan masih banyak pegawai negeri yang belum memahami mekanisme dan prosedur dalam menggunakan BPJS ketika sakit maupun terkena musibah kecelakaan.

“Saya rasa perlu dilakukan sosialiasasi kepada pegawai negeri di ligkungan kita akan pentingnya dan penggunaan BPJS Kesehatan karena masih banyak yang bertanya-tanya” kata Nailus.

Pada kesempatan itu Direktur RSUD Parit Malintang Efriyenni meminta pihak BPJS untuk menyiapkan klinik di Kantor Bupati di Parit malintang. Klinik ini nantinya melayani pegawai negeri di Lingkungan Pemkab Padang paraiamn dan dilengkapi dengan satu unit mobil ambulance.

Forum komunikasi tersebut dihadiri Sekda Jonpriadi, Kadis DPPKA Hanibal, Kadis Kesehatan Aspinuddin, Kadis Sosnaker Gusnawati, Kepala Bappeda Hendri Satria, Sekretaris BKD Nailus, Dirut RSUD Efriyenni, Perwakilan LVRI, Pepabri, dan Kabag Humas Hendra Aswara. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*