Philipina, Malaysia dan Kamboja Pastikan Ikut PIDB 2014

perahu naga

perahu naga

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.COM -Philipina, Malaysia dan Kamboja sudah memastikan ikut Padang Internasional Dragon Boat (PIDB) 2014 yang akan ditabuh di Aliran Banjir Kanal, Komplek GOT Haji Agus Salim Padang, Sumatera Barat, 21-24 Agustus.

Sudah pastinya ikut tiga negara ini juga dibenarkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Suardi. “Ya, hingga saat ini sudah tiga negara memastikan ikut PIDB 2014. Tiga negara yang sudah mendaftar itu, Philipina, Malaysia dan Kamboja,” kata Suardi.

Pada pelaksanaan tahun ini, jelasnya, panitia memang menargetkan tiga negara. Namun diprediksi, jumlah ini akan bertambah, soalnya masih ada beberapa negera yang ingin ikut iven yang sudah digelar 12 kali di Kota Padang ini.

“Kita menargetkan hanya tiga negara luar ikut dalam ajang itu, namun jika kemudian hari masih ada yang berminat tetap kita layani,” katanya.

Katanya, dibatasinya jumlah peserta luar negeri, selain faktor besarnya anggaran, terbatasnya jumlah peserta juga dipengaruhi oleh jadwal penyelenggaraan yang singkat.

“Anggaran untukseluruh kegiatan tersebut sebesar Rp900 juta. Anggaran itu sudah termasuk hadiah yang akan diperebutkan peserta, total sebesar Rp205 juta serta biaya kedatangan peserta dari luar negeri, termasuk peserta undangan dalam negeri,” katanya.

Dalam memeriahkan kegiatan panitia merencanakan perlombaan lainnya di lokasi pertandingan itu, namun karena keterbatasan biaya dan waktu penyelenggaraan pihaknya membatalkan kegiatan itu.

“Tahun ini rencananya kita akan adakan lomba sampan atau “dayung palinggam” yang akan meramaikan pembukaan, namun karena keterbatasa biaya dan waktu maka kegiatan ini urung dilaksanakan,” katanya.

Namun begitu jelasnya, untuk tetap menambah semaraknya kegiatan itu, dilokasi pertandingan akan digelar pertunjukan kesenian daerah serta stand-stand yang menjual makanan khas Ranah Minang. (can)