Pilgub Sumbar, KPU Padangpanjang Sediakan 97 TPS Tampung 35.751 Jiwa DPT

LOGO KPU RI

LOGO KPU RI

Advertisements

Padangpanjang, Padangtoday—Pascavalidasi data Daftar Pemilih Sementara (DPS) beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar tahun ini sebanyak 35.751 jiwa.

Ketua KPU Padangpanjang, Jafri Edi Putra menyebutkan jumlah DPT kali ini sedikit berkurang dari DPS sebelumnya yang tercatat sebanyak 36.103 jiwa. Pengurangan DPT dari DPS tersebut terjadi karena faktor ada yang meninggal dunia, masuk TNI/Polri dan pindah. Kondisi tersebut dikatakan sudah diumukan per 1 Oktober 2015.

Beradasarkan jumlah DPT tersebut, di antaranya sebanyak 17.640 jiwa pemilih laki-laki dan 18.111 perempuan. Jumlah pemilih keseluruhan terbagi dari dua kecamatan masing-masing Padangpanjang Barat sebanyak 20.942 jiwa dan Kecamatan Padangpanjang Timur sebanyak 14.809 jiwa.

Namun demikian dikatakannya, jumlah pemilih bisa jadi akan bertambah setelah dilakukan pengumuman di setiap kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Saat itu akan ada masukan masyarakat yang belum terdata dan akan masuk sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“DPTb itu akan diberi waktu dari 13 sampai 27 Oktober. Masyarakat bisa langsung datang ke PPS atau KPU dan bederikutnya DPTb tersebut akan diumumkan oleh PPS 7 November 2015,” sebutnya.

Terkait pelaksanaan pesta demokrasi penentuan calon pemimpin bumi Andalas ini untuk periode masa jabatan 5 tahun ke depan, KPU Padangpanjang menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 16 kelurahan dan dua kecamatan. Masing-masing 59 TPS di Kecamatan Padangpanjang Barat dan 38 lainnya di Padangpanjang Timur.

Sementara Penitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Padangpanjang dalam upaya menjaga sportifitas dan kelancaran serta terwujudnya demokrasi yang bersih, terus melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan pilgub. Panwaslu beserta perangkatnya hingga ke tingkat kecamatan, juga telah melakukan sosialiasi terkait sejumlah aturan yang harus diketahui pihak masing-masing calon termasuk partai pengusung dan pendukung.

“Kami selalu melakukan pengawasan dari setiap tahapan Pilgub. Namun demikian demi tercapainya demokrasi yang bersih, kami sangat berharap adanya peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan Pilgub ini,” ungkap Ketua Panwaslu Padangpanjang, Edi Antes. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*