Pilkada Minim Sosialisasi, Masyarakat Bingung, KPU Sumbar Optimistis

padangtoday1PADANG,PADANGTODAY.COM -Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumbar tinggal hitungan hari. Namun, saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kapan jadwal pastinya pelaksanaan Pilkada.

Advertisements

Hal itu terjadi, karena ada dugaan minimnya sosialisasi yang dilakukan penyelenggaraan Pilkada, KPU.

“Kami belum mendapatkan informasi yang jelas, kapan dilaksanakan Pilkada. Malahan kami juga belum mengenal siap calon pimpinan yang akan kami pilih di Pilkada Gubernur nanti. Soalnya, kami belum mendapatkan informasi,” terang Rahmat warga Balaibaru kepada padang-today.com.

Selama ini, jelasnya, enam bulan jelang pemilu, masyarakat sudah tahu jadwal dan calon yang akan dipilih.

“Berbeda dengan dulu, jauh-jauh hari sudah semarak. Saat ini, tanda-tanda mau ada pesta demokrasi tidak terlihat Sebagai orang awam, kami tidak tahu apa ada peraturan baru,” tegasnya.

Selain Rahmat, seorang warga Lapai Hengki juga belum mengetahui kapan Pilkada Sumbar ini dilaksanakan.

“Saya sibuk kerja dari pagi hingga malam. Saya tidak tahu, kapan dilaksanakannya Pilkada,” terang Hengki.

Yang sangat membingungkan masyarakat Sumbar saat ini, selain tak  melihat gambar tahu calon yang akan maju, juga masih ada gambar calon yang tidak jadi terpampang di sudut-sudut kampung.

Dengan kondisi ini, tentu target KPU Sumbar dengan partisipasi pemilih 77,5 persen bakal sulit tercapai. Malahan, bakal meningkatnya golongan putih (golput) di Sumbar.

Kabag Hukum, Teknis, Humas KPU Sumbar Agus Catur yang dihubungi via ponselnya menyatakan, KPU sudah melakukan sosialisasi.

“KPU Sumbar berkomitmen mencapai target partisipasi nasional diangka 77,5 persen. Kami sudah melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Kami  optimistis target partisipasi pemilih bisa tercapai,” terangnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*