Pilkada Sumbar, Payakumbuh Tetap Kondusif

Wako Riza Falepi buka Sosialisasi Undang-undang Pilkada di Aula SMKN 1 Payakumbuh

Wako Riza Falepi buka Sosialisasi Undang-undang Pilkada di Aula SMKN 1 Payakumbuh

Advertisements
Wako Riza Falepi buka Sosialisasi Undang-undang Pilkada di Aula SMKN 1 Payakumbuh

Wako Riza Falepi buka Sosialisasi Undang-undang Pilkada di Aula SMKN 1 Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Payakumbuh selalu dalam suasana kondusif. Setiap agenda Pemilu, apakah itu  pemilihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan Presiden (Pilpres) sampai ke pemilihan anggota legislatif (Pilleg), tak ada kekacauan di Payakumbuh. Kesadaran berpolitik warga kota sudah cukup tinggi. Sebuah catatan prestasi yang pantas dipertahankan dan ditingkatkan, terutama menghadapi Pilgub Sumatera Barat, akhir 2015 nanti.

Demikian disampaikan Walikota Riza Falepi, ketika membuka Sosialisasi UU Pilkada, terhadap pengurus ormas, parpol dan LSM, dalam acara di aula SMK Negeri 1 Payakumbuh, Senin (15/6). Sosialisasi UU 8/ 2015, tentang  Pilkada itu,  dihelat Kantor Kesbangpol Payakumbuh, dengan mengangkat tema ”Sosialisasi Undang-undang Pilkada dalam menyonsong Pemilihan Kepala Daerah/Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015.”

Menurut Kepala Kesbangpol Elfriza Zaharman, total pesertanya mencapai 125 orang.    Dalam sosialisasi ini, pemko mencoba membangun komunikasi dengan unsur masyarakat, terlebih lagi bagi mereka yang tercatat sebagai pemilih aktif.

Selain itu, diharapkan melalui sosialisasi ini, dapat meningkatkan partisipatif masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam menentukan kepala daerah yang nantinya akan memimpin Provinsi Sumbar selama 5 tahun ke depan.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, menghimbau,  seluruh unsur masyarakat agar terus menjaga kota ini dalam suasana  kondusif menjelang Pilgub nanti. Gesekan-gesekan akibat berbeda pilihan dari masyarakat maupun dan partai politik yang berkedudukan di kota ini, jangan sampai merusak hubungan siaturahim.

Dikatakan, apabila stabilitas kota ini tidak dapat dipertahankan, efeknya juga berakibat pada berbagai bidang lainnya, khususnya bidang ekonomi. “Apabila terjadi keributan, tentunya masyarakat akan takut untuk keluar rumah. Apalagi masyarakat dari luar kota Payakumbuh. Perekonomian akan terhenti, ujung-ujungnya kita juga yang merugi. Walau begitu, Saya yakin, kita bersama dapat menjaga dan membangun partisipasi yang positif dalam menyongsong Pemilu kada ini” ujar Riza.

Sementara itu, menurut Kakankesbangpol Elfriza Zaharman, sosialisasi UU Pilkada itu, bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepolisian Resort Kota Payakumbuh. Narasumbernya, selain walikota, juga  diberikan  Ketua KPU Hetta Membayu, Kanit Intel Polres Payakumbuh Ekwanto, Ketua Panwaslu Payakumbuh Wilson, serta Birokrat IPDN Rusdi Lubis.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*