Pipa Gas PGN Terbakar

pipa-gas-pgn-terbakar-esdm-minta-tangani-yang-bocorJakarta, PADANGTODAY.com – Terbakarnya pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN di Jalan Jenderal Sudirman, semalam, sudah dilaporkan ke Kementerian ESDM.

Dirjen Migas Kementerian ESDM, Edy Hermantoro mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut. Menurutnya, yang terpenting saat ini mengatasi kebocoran gas dari pipa yang terbakar.

“Nanti dulu lah ini kan sisi hilir, orang kita di PGN baru membicarakan dan mengadakan bagaimana penanggulangan kebocoran tadi malam itu,” ucap Edy ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (17/7).

Sejauh ini belum ada langkah lanjutan yang akan diambil ESDM dan PGN. Menurutnya, yang terpenting adalah mengatasi kebocoran untuk menjaga keselamatan warga. “Artinya keselamatan kta lihat, itu kan pipa sudah di tanam. Nanti kita lihat lagi lah,” tutupnya singkat.

Sebelumnya, sebuah jalur pipa gas dalam tanah yang berada Jl Jenderal Sudirman terbakar masih belum teratasi. Kebakaran ini terjadi Rabu (16/7) sekitar pukul 23.00 WIB.

Saat ini, petugas masih berupaya melakukan pemadaman dengan menerjunkan 11 unit mobil pemadan jenis high pressure. Petugas juga membawa 25 jerigen typol untuk mencegah penyebaran api.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membenarkan terbakarnya pipa gas PGN akibat proyek MRT. Menurutnya, kejadian itu langsung ditangani pihak PGN.

“Kena proyek MRT, ya sudah ditangani dari jam 2 pagi sampai subuh tadi,” ujar Dahlan usai Rapim di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (17/6).

Meski begitu, Dahlan mengaku tidak memberikan instruksi khusus kepada direksi PGN untuk mengatasi kondisi ini. “Tidaklah Itu kan accident yang direksi pasti sudah bisa atasi itu,” jelas dia.

Saat ini, tim PGN tengah melakukan pengecekan di lokasi terbakarnya pipa gas.

“Yang penting kita sudah tutup sektor valve dulu yang ke sana. Sampai kita periksa extense of damaged,” ungkapnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*