PJS, Persipura Diberi Hadiah Penalti, Semen Padang Gagal Raih Hasil Maksimal

Semen-Padang-(1)BALI,PADANGTODAY.COM -Semen Padang gagal meraih angka penuh dalam laga pembuka turnamen Piala Jenderal Sudirman (PJS), setelah dalam laga yang ditabuh di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (17/11) malam, Hengki Ardiles dkk harus mengakui keunggulan Persipura 7-5 (2-2), lewat adu penalti.

Advertisements

Dengan hasil ini, Semen Padang hanya meraih satu poin, sedangkan Persipura dua poin.

“Kita sudah berjuang. Hasil ini harus kita terima dengan jiwa besar, mudah-mudahan dalam laga kedua, kita bisa meraih hasil lebih baik lagi, ” ujar Asisten Pelatih Semen Padang Very Mulyadi.

Sebenarnya penampilan Semen Padang dalam laga ini sangat memuaskan. Namun, karena keputusan wasit yang konvensional, di menit-menit akhir yang memberikan hadiah penalti ke Persipura Semen Padang yang sudah unggul 2-1, memaksa pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Semen Padang mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Tapi upaya mereka di menit awal pertandingan masih bisa diredam para penggawa Persipura.

Persipura juga secara perlahan mencoba mengambil alih permainan. Namun alur. serangan mereka juga bisa diantisipasi dengan baik oleh para pemain Semen Padang.

Tendangan kaki kiri Christopher Sibi mengancam gawang Semen Padang yang dikawal kiper Jandia Eka Putra. Namun bola hasil tendangannya masih melenceng di sisi kanan gawang tim Kabau Sirah.

Semen Padang juga tak tinggal diam. Namun variasi serangan yang mereka lakukan masih mudah dibaca lini pertahanan tim Mutiara Hitam. Beberapa kali terlihat para pemain Semen Padang kesulitan ketika sudah memasuki area kotak penalti Persipura.

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar, pun memasukkan Hendra Adi Bayauw dan Irsyad Maulana menggantikan dua pemain muda M. Alwi dan Leo Guntara, untuk menambah daya dobrak tim. Dan upaya ini membuahkan hasil.

Menyusul, Irsyad berhasil memecah kebuntuan Semen Padang pada menit ke-28 lewat gol tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Skor pun berubah 1-0.

Unggul satu gol, Semen Padang masih belum mengendurkan serangan mereka. Namun Persipura juga terus mencoba mencari celah untuk membobol gawang Semen Padang. Beruntung, Hengki Ardiles dan kawan-kawan masih bisa meredam akselerasi yang dilakukan para pemain Persipura.

Bahkan, Semen Padang kembali berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0, lewat tendangan spekulasi Yu Hyun Koo dari luar kotak penalti pada menit ke-37.

Namun dua menit berselang, Persipura berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1, lewat sepakan Robertino Pugliara. Pertandingan pun semakin berjalan menarik.

Jual-beli serangan pun terjadi. Tapi hingga babak pertama berakhir skor tetap 2-1 untuk Semen Padang

Memasuki babak kedua, Persipura yang masih tertinggal satu gol mencoba mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Beberapa kali peluang emas mereka dapatkan. Tapi, masih belum berbuah gol.

Semen Padang juga mencoba kembali memberikan ancaman. Salah satunya, lewat aksi Hendra Adi Bayauw. Sayang, umpan Bayauw di depan gawang tak ada yang mampu disambar pemain Semen Padang lainnya.

Bayauw juga kembali gagal memanfaatkan umpan tarik yang diberikan James Koko Lomell di depan gawang Persipura. Tendangannya melenceng dari gawang tim asal Papua itu.

Persipura terus berupaya memberikan tekanan. Namun Semen Padang memeragakan pertahanan rapat di sisa waktu yang ada, yang membuat Yohanes Ferinando Pahabol dan kawan-kawan kesulitan untuk menembusnya.

Upaya dari tendangan jarak jauh pun belum tepat sasaran. Hingga akhirnya, terjadi insiden pada menit ke-84 di mana wasit Najamudin Aspiran memberikan penalti kepada Persipura.

Najamudin menganggap bek Semen Padang Mahamadou melakukan hand-ball di kotak penalti. Namun, keputusan tersebut diprotes keras para pemain Semen Padang, bahkan mereka sempat menepi dulu ke pinggir lapangan beberapa menit hingga akhirnya bersedia kembali melanjutkan permainan.

Eksekusi penalti berhasil dituntaskan dengan baik oleh Ian Louis Kabes pada menit ke-87, yang mengubah skor menjadi 2-2.

Persipura pun seperti kembali mendapatkan angin segar. Mereka terus tampil menekan di sisa waktu yang ada. Tendangan Nelson Alom masih ditangkap Jandia Eka Putra. Hingga babak kedua usai, skor tetap 2-2. Pertandingan pun harus diselesaikan lewat babak adu penalti.

Pada babak ini, Bio Paulin mengambil eksekusi pertama untuk Persipura. Dengan tenang, Bio mengecoh Jandia dan gol. Hendra Bayauw yang menjadi algojo pertama Semen Padang juga berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Penendang kedua Persipura Lukas Mandowen juga berhasil masuk ke gawang, meski sempat mengenai kaki kiri Jandia. Eksekutor kedua Semen Padang M. Nur Iskandar juga mampu mencetak gol. Pun demikian Yohanes Ferinando Pahabol berhasil menambah gol untuk Persipura.

Irsyad Maulana yang menjadi penendang ketiga Semen Padang kembali menyamakan kedudukan. Nelson Alom kembali membuat Persipura unggul lewat golnya. Namun, Rudi yang menjadi penendang keempat Semen Padang gagal menceploskan bola ke gawang.

Hingga akhirnya Ian Louis Kabes menutup babak ini, yang membuat Persipura meraih kemenangan.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*