PKK Kelurahan Tanjuang Anau Dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat

Tim penilai lomba PKK-KB ke tingkat Provinsi Sumatera Barat di kelurahan Tanjuang Anau Payakumbuh.

Tim penilai lomba PKK-KB ke tingkat Provinsi Sumatera Barat di kelurahan Tanjuang Anau Payakumbuh.

​Payakumbuh​, PADANGTODAY.com-Tim penilai lomba PKK-KB Kes tingkat Provinsi Sumatera Barat mengunjungi Kelurahan Tanjung Anau Payakumbuh Utara guna melakukan penilaian sekaligus evaluasi terhadap keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB Kes di Kelurahan setempat Kamis (4/12) baru lalu.

Terpilihnya PKK Kelurahan Tanjung Anau menjadi wakil Kota Payakumbuh dalam lomba PKK-KB Kes ini ke tingkat Propinsi adalah berkat dukungan semua pihak mulai dari partisipasi dan peran aktif masyarakat serta keterpaduan SKPD terkait bersama Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh menjalankan program Kesatuan Gerak PKK-KB Kes, ujar Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.DR.Henny Riza Falepi saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan tersebut dihadapan tim penilai.

Lebih jauh dikatakannya Kelurahan Tanjung Anau ini sebelumnya sudah menjadi Kelurahan binaan dan yang paling menonjol yaitu sejak di canangkan hari kesatuan gerak PKK-KB Kes pada Oktober lalu ,pencapaian pencapaian targer KB kes nya sebanyak 110 % terdiri dari Implan, kondom, suntik dan IUD.kemudian lingkungan ,Prilaku hudup bersih dan sehat (PHBS) serta Posyandunya juga telah terintegrasi dengan PAUD, selain itu sebelumnya Kelurahan Tanjung Anau juga juara l berturut-turut lomba Posyandu di tingkat Propinsi, ujar Henny.

Tim penilai Propinsi itu dipimpin oleh Eli Batiori dari TP-PKK Sumbar dengan lima anggotanya masing-masing Yohanes (BKKBN), Novi (BKKBN), Ade Prima dan Sumiarti dari Dinkes dan Nila Tito dari Pokja lV TP-PKK Sumbar.

Hadir dalam kesempatan ini Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahlinya bidang ekonomi dan Kesra dr.Merry Yuliesday, Kepala BPMP-KB Harmayunis, Wakil Ketua TP-PKK Ny.Rasyidah Suwandel, Muspika Kecamatan, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Ketua TP-PKK Payakumbuh Utara Ny.Reni Nofriwandi, sejumlah pimpinan SKPD, Lurah Tanjung Anau Afni, Ketua LPM, anggota PKK, Bundo Kanduang, Nini Mamak dan tokoh masyarakat lainnya.

Staf Ahli Walikota dr.Merry Yuliesday dalam sambutanya menyebutkan pelaksanaan kesatuan gerak PKK-KB Kes di Payakumbuh dilakukan secara terpadu melibatkan SKPD terkait termasuk TNI/Polri sehingga hasilnya cukup maksimal diantanya bidang pelayanan KB mencapai 100 %.

Ditambahkan dibidang gerakan kebersihan lingkungan juga dilakukan terus menerus, PHBS Rumah Tangga, Kesehatan Lingkungan dan Posyandu bahkan seluruh kader Posyandu diberi insentif oleh Pemko, oleh karenanya kita berharap agar PKK Tanjung Anau menjadi terbaik Sumbar tahun ini, pungkas Merry.

Sementara itu Ketua Tim penilai Eli Batiori memberikan apresiasi yang tinggi dan mengaku puas dan senang atas penyambutan dari masyarakat Tanjung Anau, mudah-mudahan akan menjadi terbaik Sumbar nantinya, sebut Eli.

Lebih jauh dijelaskannya dinilainya lomba kegiatan gerak PKK-KB Kes dimaksud tujuannya untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program KB Kesehatan melalui kerjasama lintas sektoral dan kegiatannya dilihat ditingkat Kelurahanm sejauhmana pelaksanaannya, ujar Eli.

Selanjutnya penyampaian ekspose oleh Ketua PKK Kelurahan Tanjung Anau Ida Nilwitri dan diakhiri dengan tanya jawab tim dengan kelompok penilaian sekaligus peninjauan lapangan.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*