POLDA SUMBAR TANGKAP PELAKU TAMBANG EMAS ILEGAL DI SAWAHLUNTO

Advertisements

 

 

 

 

 

Padang-today.com – Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Ditkrimsus Polda) Sumbar menangkap pelaku dugaan penambang emas ilegal di Kota Sawahlunto.

“Pelaku ditangkap inisial “EA”  (56) warga Sawalunto,ditangkap pada Kamis (23/11) sekitar 16.30 WIB di  Dusun Sawah Tambang Desa Muaro Kalaban Kota Sawahlunto,”kata Kabid.humas Polda Sumbar,AKBP,Syamsi di Padang.

Ia menjelaskan, penangkapan tersangka berawal dari informasi masyarakat dimana terjadi penambangan emas tanpa izin di aliran Sungai Air Dingin Dusun Sawah Tambang Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silingkung Kota Sawahlunto.

Informasi tersebut,Unit Ditreskrimsus Polda Sumbar mendatangi lokasi untuk melakukan penyelidikan. “Ternyata benar, ada aktifitas penambangan emas liar dengan menggunakan alat berat berupa excavator dan mesin dompeng,”ungkapnya.

Petugas langsung mengamankan pelaku dan barang bukti dilokasi berupa satu unit escavator merk komatsu Sk-200 warna hijau. “Tersangka langsung dibawa ke Polda Sumbar,sedangkan barang bukti dititipkan di Mapolres Sawahlunto,”jelas Syamsi

Ia menyatakan,penyidik Ditreskrimsus Polda Sumbar masih melakukan penyelidikan dan pengembangan dalam kasus tersebut.

“Luas tambang emas ilegal digarap tersangka yakni satu hektar,”katanya.

Ia menjelaskan,dari pengakuan sementara dari tersangka sudah lebih satu bulan melakukan penambangan emas di lokasi tersebut.

Tersangka melakukan penambangan dengan menggunakan alat berat dan mesin dompeng,”ungkapnya.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumbar akan melakukan pengembangan kasus ini guna mencari kemungkinan adanya pelaku lainnya.

“Tersangka dijerat pasal 158 Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambang Mineral dan Batubara dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp10 miliar,”imbuh Syamsi.(der)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*