Polisi Lakukan Pendekatan Persuasif Kepada Masyarakat

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Pendekatan persuasif untuk mendisiplinkan masyarakat terus dilakukan kepolisian melalui Operasi Simpatik yang digelar 1-25 April 2015 ini. Salah satu pendekatan persuasif di Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) Jakarta Barat terbilang unik, yakni membagikan helm kepada para pengendara motor.

Kepala Seksi STNK Samsat Jakarta Barat Ajun Komisaris Doni mengatakan, petugas Samsat Jakarta Barat membagikan helm kepada pengendara sepeda motor yang datang untuk mengurus surat-surat kendaraannya.

“Ini merupakan upaya persuasif kepada para wajib pajak kendaraan,” ujarnya saat dihubungi, Senin (6/4/2015).

Namun, lanjut dia, pembagian helm gratis tidak akan dilakukan setiap hari selama pelaksanaan Operasi Simpatik. Pembagian akan dilakukan di hari-hari tertentu saja. “Kita tentukan harinya secara acak selama Operasi Simpatik ini,” tutur dia.

Pembagian helm pun tidak selalu mencukupi bagi semua pembayar pajak. Pasalnya, setiap hari Samsat Jakarta Barat hanya menyediakan sekitar lima helm untuk dibagikan. Selain itu, sambungnya, helm hanya diberikan kepada pengendara motor yang memenuhi standar kelengkapan kendaraan.

“Kalau memenuhi standar seperti ada spion lengkap, lampu sign menyala dan rem kendaraan juga berfungi dengan baik, baru diberikan,” terang Doni.

(uk/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*