Polisi PAM Pilkada,Dilarang Catat Hasil Penghitungan Suara

      Padang-today.com – Kabag.Ops Polersta Padang, Kompol Ediwarman menyatakan personel polisi mendapatkan tugas pengamanan tidak boleh mencatat penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Advertisements

“Polisi yang bertugas mengamankan TPS dilarang melakukan pencatatan dan mendokumentasikan hasil penghitungan suara. Hal itu dianggap bisa membuat konsentrasi polisi tidak fokus,”kata Ediwarman ketika ditemui kantor KPU Padang.

   Ia menjelaskan,pelarangan ini sesuai dengan surat edaran Kapolri, dimana personel polisi fokus untuk pengamanan saja di TPS.

    Tidak ada dilakukan pencatatan hasil penghitungan suara. Pihaknya hanya melakukan pengamanan. “Polri hanya mengamankan saja. Masalah hasil adalah urusan KPPS dan Panwas,”jelasnya.

     Selain itu, ada larangan bagi semua personel, khususnya petugas Pam TPS untuk tidak memasuki area TPS, hanya berjaga di luar.

Larangan lainnya, keberadaan petugas Polri Pam TPS berdasarkan permintaan Kelompok Penyelengaraan Pemungutan Suara (KPPS) apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Seluruh personel polisiyang bertugas selama pemungutan suara agar mentaati aturan yang telah ditetapkan.

“Polri telah membuat kebijakan untuk ditaati seluruh personel yang bertugas selama pemungutan suara,”tegas Ediwarman.

    Ediwarman menambahkan, laporan kejadian di lokasi TPS tetap dilakukan personel polisi,namun tidak boleh mencatat

    “Tetap melakukan potensi-potensi lainnya,  sifatnya hanya dikonsumsi internal pimpinan. Laporan ini perlu diberikan personel polisi,”ujar Ediwarman.

     Sementara itu Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan menyatakan, Polresta Padang menurunkan sebanyak 700 orang personel pengamanan selama berlangsungnya Pilkada 2018.

    “Personel polisi ditempatkan untuk pengamanan 1.600 TPS di Padang,”katanya.

     Personel polisi bertugas hanya di luar TPS. Sedangkan dalam TPS sudah ada petugas terkait.

“Upaya pengamanan yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindakan kriminal di lokasi pemungutan suara,”imbuh Yulmar Try Himawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*