Polres Pariaman Bentuk Tim Tiga C

1-foto-tsk-curat
Pariaman, PADANGTODAY.com-Tersangka masih konfisional tidak terorganisir dalam menjalankan operasinya dan bersifat spontanitas. Hal ini disampaikan Kapolres Pariaman AKBP Gandung D Wardoyo SIK, pada siaran Perssnya Sabtu, (18/1) di Hal Polres Pariaman.

Dijelaskan, Kapolres telah membentuk Tim 3 C, yaitu Tim Curat, Curat dan Curanmor. Tim ini telah bekerja dan sudah terbentuk di setiap Polsek. Dengan adanya tim ini kami telah berhasil mengungkap kasus pencurian jenis 3C, yang tersangkanya Ali Azwar CS, yang tempat kejadian perkaranya di Sungai Geringging. Tersangka ini meman sudah menjadi target operasi kami”jelasnya”

Kapolres mengatakan dihadapan wartawan, berdasarkan laporan polisi nomor :LP/42/XII/2014/Polsek Sungai Geringging tgl 16 Desember 2014 atas nama Riki tentang pencurian berupa uang sebesar Rp 18.000.000,- cincim emas sebanyak 4 emas, dan Handphone 4 unit, dengan tempat kejadian perkaranya di Ladang Rimbo, Kec. Sungai Geringging“Ujarnya”.

Katanya, kejadian berawal pada saat keluarga besar pelapor baru saja mengadakan pesta perkawinan, uang dan barang hasil pesta tersebut raib. Berdasarkan laporan ini pihak kami melakukan penyelidikan.

Hasil penyelidikan di TKP, jelasnya, dicurigai seorang resedivis atas nama Sukirman alias Sukir (24). Sukirman ini langsung digiring ke Polsek Sei Geringging untuk diminta keterangan, dari keterangan tersebut Sukir mengaku warga Ladang Rimbo Kecamatan Sei Geringging dan perbuatanya ini dilakukan bersama tersangka Ali Azwar alias Ali Bajak dan tersangka lainya yang saat ini masih buronan (DPO). Selain itu, tersangka juga mengakui perbuatanya di beberapa tempat lainya,”jelas Kapolres”

“Kedua tersangka ini mengakui telah melakukan pencurian berulang kali dengan lokasi yang berbeda dengan modus yang sama, dengan target sasaranya adalah masyarakat yang telah melakukan pesta perkawinan,” papar Kapolres.

Dari tangan tersangka kami amankan barang bukti, jelas Kapolres, satu unit sepeda motor jenis Yamaha Mio, satu unit sepeda motor jenis Suzuki Satria FU, uang sebesar Rp.1.047.000,-, dan jam tangan, serta satu pasang sepatu, sandal dan satu helai celana panjang.

Dalam melakukan aksi pencurian, Modus tersangka, Ali Bajak mendatangi rumah Sukirman alias Sukir di Ladang Rimbo Kecamatan Sungai Geringging untuk menyusun rencana aksi pencurian atau menentukan sarsaran. Kemudian, tersangka Sukirman berperan memantau lokasi yang akan dijadikan target.

Kemudian, setelah pemilik rumah tertidur lelap barulah kedua tersangka beraksi di tempat dijadikan sasaran dengan cara mencongkel jendela belakang rumah dengan mengunakan obenk, setelah berhasil kedua tersangka kembali kerumah Sukirman untuk pembagian hasil curianya.Selanjutnya, uang dari hasil aksinya itu dipergunakan untuk berfoya-foya, dan selainya di belikan untuk sepeda motor dan kebutuhan sekunderlainya.

Selain itu, tambah Kapolres, TKP yang telah diakui tersangka dalam ungkap dan pengembangan sesuai laporan polisi, tersangka mengakui ada sepuluh TKP aksi yang telah dilakukannya dibeberapa tempat, yaitu di Ladang Rimbo, Kec. Sungai Geringging, dengan laporan polisi LP/42/XII/2014/Polsek tgl 16 Desember 2014, dengan kasus pencurian uang sebanyak Rp.18 000 000,- Sungai Sirah Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman dengan laporan Polisi LP/61/XII/2014/Polsek Tgl 23 Desember 2014, dan kasus pencurian sebanyak Rp 5.000.000,-

Selanjutnya, Di kampung Dalam, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padangpariaman dengan laporan polisi nomor: LP/01/I/2015/Polsek tgl 02 Januari 2015 dengan kasus pencurian uang sebanyak Rp 19.280.000,- dan emas, dan dikampung baru Pariaman tengah dengan laporan polisi bernomor :LP/13/I/2015/Polres, tgl 15 Januari 2015 yang diakui tersangka.

Lalu, Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang tidak di laporkan, kasus pencurian uang senilai Rp 5.000.000,- di Ladang Rimbo Kecamatan Sungai Geringging, di Gasang Kabupaten Padangpariaman mencuri Handphone sebanyak 5 unit, dan ditempat yang sama 5 unit, di Desa Sungai Kasai Rp.35.000.000,- di perumahan Jati Rp 13.000.000,- di barangan pencurian handphone sebanyak 6 unit, di simpang Apa sebanyak Rp.18.000.000,- di kecamatan Sungai Limau sebesar Rp 5.000.000,- dan di Kampung Dalam sebanyak Rp 5.000.000,- dan di Jati sebesar Rp.13.000.000,-. Semuanya ini dilakukan tersangka di wilayah hukum Polres Pariaman.

Kapolres menambahkan, Pada tahun 2012 tersangka Sukirman, pernah melakukan tindak pidana pencurian uang sebesar Rp 6.000.000,- di Ladang Rimbo Kec. Sungai Geringging divonis 4 bulan penjara, pada tahun 2013 kembali melakukan pencurian uang sebesar Rp 8.000.000,- di desa ujung batung Pariaman Tengah dan di vonis 1,5 tahun yang telah dilalui tersangka ini.
Sementara, tersangka Ali Azwar alias (Ali Bajak) Kejahatan yang pernah dilakukannya tahun 2010 kasus pencurian mesin bajak di sungai sariak Kabupaten Padang Pariaman divonis 4 bulan penjara, pada saat keluar dari Lembaga Pemasyarakatan di tahun 2010 langsung ditangkap oleh anggota Reskrim Polres Pariaman dalam kasus Jambret dan di Vonis 1,5 tahun dan tahun 2013 tersangka pernah melakukan pencurian burung murai batu di desa sampan dan di vonis 1,5 tahun, semuanya ini telah dilakukan oleh tersangka.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*