Polres Pariaman Berhasil Amankan Pengedar Uang Palsu

Foto ilustrasi pengedar Uang Palsu.

Foto ilustrasi pengedar Uang Palsu.

Advertisements

Pariaman, PADANGTODAY.com-Polres Pariaman berhasil menangkap pengedar uang palsu “Upal” di wilayah hukumnya Minggu (17/5) lalu. Polres Pariaman melalui Polsek Kecamatan Sunggai Geringing berhasil mengamankan seorang oknum PNS yang diduga pelaku pengedar Uang Palsu (UPAL) berinisial HJ. Tersangka HJ yang sehari-harinya berprofesi sebagai PNS di Pemkab Padangpariaman ini berhasil mengedarkan uang palsu pecahan Rp 50.000 di lingkungan yang sehari-hari ia berinteraksi dengan masyarakat setempat. Melihat aksi yang dilakukan oleh oknum PNS tersebut, warga yang dirugikan si pelaku meberi laporan ke pihak yang berwajib, bahwa tersangka sudah berulang kali melakukan aksi tersebut di warungnya itu.

Menurut keterangan Kapolsek Kecamatan Sunggai Geringging AKP Jasman mengatakan melalui telpon selular kepada www.padang-today.com, penangkapan berawal ketika pihak kepolisian menerima laporan dari salah seorang masyarakat pemilik kedai rokok bahwa si pelaku telah beberapa kali membelanjakan UPAL tersebut dengan nilai pecahan Rp 50.000, di dua tempat berbeda yaitu di Kanagarian Aur Malintang dan Pasar Sunggai geringging, berdasarkan laporan tersebut pihak kepolisian menulusuri ke TKP dan setelah dilakukan pengembangan, akhirnya pelaku HJ berhasil di amankan pada Minggu siang ketika sedang menunggu penumpang di pangkalan ojek Sungai Geringging.

AKP Jasman menjelaskan, keseharian pelaku berprofesi sebagai seorag PNS di salah satu institusi di Pemerintahan Padang pariaman dan untuk mengedarkan UPAL tersebut, tersangka menyambi sebagai tukang ojek. Dari keterangan warga yang dirugikan salah seorang pemilik warung bahwa tersangka telah beberapa kali melakukan hal serupa di tempat yang sama, namun pada akhirnya masyarakat merasa curiga karena setiap kali pelaku belanja menggunakan uang pecahan Rp 50.000, pemilik warung selalu menemukan uang palsu, atas laporan tersebutlah melalui Kanit Reserse melakukan penulusuran dan penangkapan tersangka berikut barang bukti, ujar Jasman.

Ia menambahkan, setelah pelaku digiring ke Polsek untuk diminta keterangan, pihak kami mengamankan barang bukti 6 lembar UPAL, rokok merek sampurna 2 bungkus dari dua warung tempat pelaku membelanjakan UPAL tersebut, berikut uang recehan kembalian, tukasnya.

Kemudian, setelah diintrogasi si pelaku mengaku baru pertama kali mengedarkan Upal tersebut, dengan alasan pemberian dari orang lain. Namun berdasarkan barang bukti yang ditemukan, terlihat unsur kesengajaan dan direncanakan. Sedangkan motiv mengedarkan UPAL belum diketahui, karena pelaku bungkam saat dimintai keterangan. Untuk selanjutnya pihak kepolisian akan terus melakukan pendalaman kasus ini lebih jauh.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*