Polres Tanah Datar Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2015

Gambar simulasi pengamanan Pikada tahun 2015 oleh Polres Kabupaten Tanah Datar.

Gambar simulasi pengamanan Pikada tahun 2015 oleh Polres Kabupaten Tanah Datar.

Advertisements

Tanah Datar, padangtoday.com– Ratusan personil Polres Tanah Datar mengelar simulasi pengamanan Pilkada 2015 di samping lapangan cinduamato batusangkar selasa 8/09.

Simulasi ini melibatkan juga personil dari instansi yang terkait seperti Satpol PP, KPU, Panwaslu, kesbangpol, dan Dishub Tanah Datar.

Simulasi ini di bagi beberapa tahap yaitu di mulai dari Tahapan Kampanye, mulai dari aksi anarkis dari para massa pendukung salah satu calon terhadap alat peraga pasangan calon lain, dan aksi penyusup dalam kampanye salah satu calon, sampai dengan aksi ugal ugalan massa pendukung paslon yang tidak tertib berlalu lintas juga di peragakan.

Pada tahapan masa tenang di disimulasikan tentang masyarakat yang tidak tertib dalam pemasangan baliho paslon yang seharusnya tidak boleh terpasang lagi.

Untuk tahapan pemungutan suara juga di peragakan individu dan sekelompok orang yang bertengkar dengan petugas KPPS serta aksi beberapa orang yang berusaha mengambil kotak suara yang si bawa Petugas KPPS menuju PPK.

Yang paling menarik dari aksi ini adalah pada simulasi tahapan penghitungan suara di KPUD Tanah Datar, tentang massa yang menolak hasil rekapitulasi penghitungan suara melakukan aksi anarkis yg di hadang oleh personil Dalmas Polres terlihat suasana yang sangat memanas diantara para massa pendukung calon yang menolak hasil penghitungan suara dengan puluhan aparat kepolisian. Dalam simulasi ini terlihat beberapa aparat benar benar memperlihatkan keseriusannya, walaupun gelaran kali ini hanya sebatas asumsi tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

Kapolres yang langsung hadir dalam gelaran simulasi ini menyampaikan kepada seluruh personil polres tanah datar untuk dapat peka melihat situasi dilapangan, agar supaya jangan sampai ada konflik pada saat Pilkada 2015 nanti, yang beberapa tahapannya telah terlaksana oleh KPUD.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*