Popnas XIII, Sumbar Bidik Lima Besar

PADANG, PADANGTODAY.COM- Meski persaingan bakal ketat, namun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berharap kontingen Popnas bisa mempertahankan peringkat lima besar dalam multiven olahraga pelajar yang ditabuh di Bandung, Jawa Barat, 9-18 September.

Advertisements

“Target kita bisa mempertahankan lima besar. Makanya, kami berharap semua atlet berjuang sekuat tenaga, agar target itu bisa tercapai,” kata Penjabat(Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek saat melepas kontingen secara resmi di Padang, Senin.

Dengan semangat juang yang tinggi dan tekad yang kuat,katanya,kontingen Sumbar akan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Nama baik Sumbar berada di tangan mereka. Makanya kami meminta semua kontingen untuk berjuang semaksimal mungkin,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Moenek juga berjanji akan meningkatkan anggaran untuk pembinaan olahraga di Sumbar.

“Anggaran sebesar Rp5,2 miliar saat ini rasanya belum mencukupi untuk membiayai 17 cabang olahraga,” katanya.

Anggaran yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan prestasi olahraga di daerah itu sekitar Rp22 miliar.

“Anggaran olahraga di sumbar masih minim. Ke depan, saya akan lihat tubuh anggaran perubahan dan anggaran 2016, jika masih kurang nanti akan kita carikan tambahan, karena anggaran olahraga tidak hanya tanggungjawab APBD, tapi juga APBN,” ujarnya.

Selain itu ia juga berencana menjadikan bunga dana hibah PT Rajawali senilai Rp65 miliar lebih untuk membantu pembiayaan olahraga.

“Nanti tidak hanya untuk biaya pendidikan siswa tidak mampu, namun juga kita gunakan untuk olahraga,” katanya.

Kepala Bina Pemuda dan Olahraga Sumbar, Priyadi Syukur mengatakan, pada POPNAS ke XIII di Bandung Jawa Barat, Sumbar mengikuti sebanyak 16 cabang dengan kontingen sebanyak 189 orang.

Cabang yang diikuti yakni, 16 pertandingan dan satu eksebisi, terdiri dari angkata besi, basket, renang, voli, pencak silat, panahan, sepak takraw, senam, tenis, dayung, gulat, karate dan tae kwondo. Sedangkan untiuk cabang eksibisi, tarung drajat.

“Meski jumlah kontingen kita berkurang, kita berharap dapat mempertahankan posisi lima besar,” ujarnya.

Sebelumnya pada POPNAS ke XI di Riau, Sumbar mendapatkan posisi sembilan dengan meraih tujuh emas, enam perak dan enam perunggu.

Kemudian pada POPNAS ke XII di DKI Jakarta, Sumbar mendapatkan posisi ke lima dengan meraih 12 emas, 10 perak dan 19 perunggu.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*