Potensi pariwisata Padangpariaman Sangat Menjanjikan

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Potensi pariwisata Padangpariaman Sangat Menjanjikan, di antaranya wisata Adventure di Lubuk Nyarai – Lubuk Alung yang sudah terkenal di mancanegara, wisata Religius di Makam dan Masjid Agung Syekh Burhanuddin yang terletak di Ulakan, serta wisata Pemandian dan Olah Rga Golf di Tirta Alami Anai.

Advertisements

Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi mengatakan, potensi Kabupaten Padang Pariaman sebagai destinasi wisata di Sumbar sangatlah menjanjikan. Apalagi didukung keberadaan Bandara Internasional Minangkabau sebagai pintu gerbang
Sumatera Barat.

Terkai dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mengenai pariwisata, jelas Jonpriadi, Pemkab Padangpariaman secepatnya untuk menindak lanjuti program tersebut. Untuk mewujudkan itu, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Kabupaten Padang Pariaman agar bisa memanfaatkan dan memaksimalkan potensi pariwisata yang ada.

“Kita harus cepat tindaklanjuti kebijakan Pak Gubernur dan Pak Wakil
Gubernur dengan membuat rencana induk (master plan) pembangunan dan pengembangan objek wisata. Bila perlu kita kerjasama dengan konsultan atau pihak ketiga,” kata Jonpriadi di Kantor Bupati di Parit Malintang, Senin (28/3/2016).

Potensi Kabupaten Padang Pariaman sebagai destinasi wisata di Sumbar sangatlah menjanjikan. Apalagi didukung keberadaan Bandara Internasional Minangkabau sebagai pintu gerbang Sumatera Barat.
Master plan pariwisata tersebut, tambahnya, akan diajukan kepada Pemprov Sumbar. Selanjutnya, pemprov akan menurunkan tim peninjau untuk mendatangi langsung lokasi wisata dan melakukan evaluasi, kemudian membantu dana pengembangan objek pariwisata dimaksud.

“Jika kawasan yang diajukan lolos pada tahap tersebut, maka pemprov akan membantu sebanyak 40 persen dari total keseluruhan biaya pengembangan objek wisata dimaksud,” ujarnya.

Menyikapi himbauan Sekda tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olaraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Syafriwal SE MM menyatakan akan berusaha secepatnya untuk mengajukan berbagai rencana induk pengembangan objek wisata di daerah itu. Ia mengaku optimis para pelancong dalam dan luar negeri akan ramai berkunjung karena keanekaragaman destinasi wisata di Padang Pariaman.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*