PPDI-DDS Akan Salurkan Kaki dan Tangan Palsu

 

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Memiliki kelengkapan anggota tubuh merupakan hal lumrah yang di idamkan setiap orang. Terutama yang terlahir kurang sempurna, seperti yang mengalami kelengkapan anggota tubuh yang berbeda dari orang normal.

Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merupakan organisasi sosial penyandang disabilitas tingkat provinsi Sumbar yang tergabung dari berbagai unsur disabilitas. Diantaranya Tunadaksa, Tunanetra, Tunarungu, dan Tunagrahita serta disabilitas lainnya.

Visi/misinya sama halnya dengan lembaga kemanusiaan lainnya, bertujuan untuk memperjuangkan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas agar memperoleh kesamaan dan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan serta partisipasi penuh dalam pembangunan nasional.

Bersama Dompet Dhuafa Singgalang, PPDI yang telah membentuk kepanitiaan untuk mewujudkan tujuan suci ini, menyatakan ingin bersinergi dalam rangka kerjasama mengadakan bantuan Prosthesa untuk penyandang disabilitas .

Prosthesa merupakan alat bantu berupa kaki/tangan buatan yang ditujukan bagi penyandang disabilitas yang tidak memiliki organ tubuh tersebut baik diakibatkan bawaan lahir, penyakit, maupun kecelakaan.

Lewat pertemuan dengan Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, pada Selasa (16/6) lalu, Panitia Penanggung Jawab, Jhoni Aulia menyatakan bahwa banyaknya penyandang disabilitas yang belum mendapat perlakuan dan perhatian khusus dari pemerintah.

“Dari pendataan yang kami dapat, banyak warga miskin penyandang disabilitas. Mereka tetap gigih dalam menjalani kegiatan sehari-hari, mulai dari kerja bengkel, jualan, dan aktifitas yang orang biasa lakukan. Dengan adanya bantuan prostesa, tentu aktifitas mereka terbantu,” tutur Jhoni di ruang kerja Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang.

Direncanakan pada bulan Agustus tahun ini akan diadakan pembukaan donasi kaki dan tangan palsu kepada masyarakat. “Kita akan melakukan pengukuran kaki dan tangan palsu di bulan Agustus nanti. Kita sudah punya mitra dari Jakarta yang akan membantu kaki dan tangannya, ” ungkap Joni.

Menanggapi hal tersebut, Musfi mencoba melakukan koneksi terhadap pihak-pihak terkait yang mungkin bisa bersinergi untuk mewujudkan rencana mulia ini.

“Saya mencoba menghubungi dan merekomendasikan beberapa pihak yang saya harap dapat berkontribusi untuk mewujudkan iktikad baik ini. Dan semoga momen Ramadhan mampu membuka hati tiap orang agar bergabung sebagai sponsor bantuan penyelenggaraan bantuan Prosthesa ini,” ujar Musfi.

Musfi juga menambahkan, bahwa data warga miskin penyandang disabilitas juga telah diterima, berjumlah 55 orang dari berbagai daerah Sumatera Barat. Mulai dari Kab.Limapuluh Kota-Payakumbuh berjumlah 19 orang, Bukittinggi-Kab.Agam sebanyak 8 orang, Kab.Tanah Datar-Sijunjung 5 orang, Solok-Pasaman Barat 17 orang, dan Padang 6 orang.

Bagi para sahabat yang ingin turut bersumbangsih lewat aksi bantuan Prosthesa ini, Dompet Dhuafa Singgalang menyediakan wadah untuk berdonasi lewat Rekening Infaq dan Sedekah, Bank Mandiri di no.rek 111.000.500.5000 atas nama Dompet Dhuafa Singgalang. Untuk konsultasi dan informasi terkait bantuan Prosthesa ini dapat menghubungi langsung Joni di no. 081374840755. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*