PPK dan PPS Limapuluh Kota Dilantik, Hasil Seleksi Marathon

PPK dan PPS Limapuluh Kota Dilantik, Hasil Seleksi Marathon

PPK dan PPS Limapuluh Kota Dilantik, Hasil Seleksi Marathon

Advertisements
PPK dan PPS Limapuluh Kota Dilantik, Hasil Seleksi Marathon

PPK dan PPS Limapuluh Kota Dilantik, Hasil Seleksi Marathon

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com—Komisi Pemilihan Umum kabupaten Limapuluh Kota, Senin, (18/5) melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). PPK dan PPS hasil seleksi dilakukan secara marathon sejak 30 April lalu di Aula Kantor Bupati di Bukik Limau Sarilamak. Para PPK di 13 Kecamatan dan PPS di 79 Nagari minus Labuah Gunuang, Koto Bangun dan Bukik Limbuku, terlihat hadir dan diambil sumpahnya; laki-laki berbaju batik dan perempuan berkebaya.

PPK dan PPS ini adalah badan Adhoc yang akan menjadi lembaga penyelenggara Pilkada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota yang telah dijadwalkan secara nasional pada 9 Desember 2015 mendatang. Pelantikan ini dihadiri oleh Kapolres Limapuluh Kota, yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Efrizal dan Ketua Panwaslu Limapuluh Kota, Noviarnis.

Sekretaris KPU Kabupaten Limapuluh Kota dalam laporannya mengatakan bahwa di tingkat PPK terdapat 163 orang ikut mendaftarkan diri, kepemudaan 159 mengikuti tes tertulis. Setelah tertulis dilakukan wawancara hingga terpilihlah 5 orang PPK di setiap kecamatan.

Sedangkan di tingkat PPS, dari 6 usulan Walinagari, dilakukan seleksi wawancara untuk menghasilkan 3 orang PPS yang akan menjadi penyelenggaran di tingkat nagari. Namun dari 79 nagari di kabupaten Limapuluh Kota masih terdapat 3 nagari yang susunan PPS-nya belum lengkap. Nagari tersebut adalah Labuah Gunuang, Koto Bangun dan Bukik Limbuku.

”Kekurangan anggota PPS di tiga nagari ini disebabkan usulan Walinagari ada yang tidak mencukupi kuota dan ada yang tidak memenuhi syarat dan tidak lulus uji kelayakan ketika dilakukan tes wawancara,” ujar ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata didampingi Kordiv Sosialisasi Ilham Yusardi.

Untuk nagari yang PPS yang masih belum lengkap ini, KPU akan kembali berkoordinasi dengan Walinagari dan PPK yang sudah dilantik. ”Insya Allah, ini bukan halangan yang berarti, kita akan kembali melengkapi nagari yang PPS masih kurang tersebut dengan prosedur sesuai PKPU,” ujar Ilham Yusardi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata mengatakan anggota PPK dan PPS adalah ujung tombak dalam menyukseskan pilkada serentak 2015. Untuk itu, Ismet mengatakan, PPK dan PPS yang dilantik harus segera bisa menyesuaikan diri dengan tahapan Pemilu yang sudah ditabuh oleh KPU RI dan Mendagri sejak 17 April lalu.

”Kita minta anggota PPK dan PPS alangsung mempersiapkan diri dengan UU dan Peraturan KPU yang sudah diterbitkan. Kunci sukses penyelenggaran adalah paham dengan aturan dan taat pada aturan yang sudah ada tersebut,” Ismet Aljannata memberi wejangan kepada peserta pelantikan.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*