PPRG Bagi Anggota Fokal Point se-Kota Padang Panjang Resmi Dibuka Pjs Wako Irwan, S.Sos, MM

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pjs Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM resmi membuka acara Pelatihan Perencanaan Penganggaran Reponsif Gender (PPRG) Bagi Anggota Fokal Point se – Kota Padang Panjang di Aula BAPPEDA Padang Panjang, Selasa (6/3).Acara tersebut diikuti oleh Sekretaris dan Kasubag OPD se-Kota Padang Panjang yang dilaksanakan selama dua hari (6-7 Maret 2018).

Advertisements

Dalam sambutannya Irwan mengatakan PPRG mengandung makna bahwa penganggaran lebih responsif pada kebutuhan dan memberi manfaat terhadap perempuan dan laki-laki. Terdapat empat faktor yang menjadi perhatian diantaranya segi akses, manfaat, partisipasi serta segi kontrol.

“Empat faktor inilah yang menjadi dasar masih terdapatnya permasalahan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bentuk, salah satunya kesenjangan partisipasi politik antara laki – laki dan perempuan,” ungkap Irwan.

Konsep PPRG merupakan proses penganggaran yang melibatkan perempuan dan laki-laki secara bersama, dengan kesempatan yang sejalan untuk berpartisipasi aktif setiap tahapan penganggaran.

“Melalui pelatihan PPRG bagi Fokal Point ini nanti akan berguna dalam menyusun perencanaan penganggaran,” jelasnya.

Sementara itu Irwan berharap semoga pelatihan ini menjadi media pembelajaran serta memberi pemahaman dan dapat meningkatkan efektivitas  penggunaan sumber daya untuk mencapai kesetaraan gender secara optimal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*