Pra PON Polo Air, Pimpin Klasemen Sumbar Kantongi Tiket PON

Tim Polo Air Sumbar saat menghadapi Sulsel.

Tim Polo Air Sumbar saat menghadapi Sulsel.

Advertisements

PADANG,PADANGTODAY.COM -Meski pertandingan masih berlangsung, Tim polo air putra Sumatera Barat sudah mengantongi tiket PON XIX tahun depan di Jawa Barat.

Kepastian satu tiket itu setelah dalam babak kualifikasi PON yang ditabuh di Kolam Renang Taratai, Sumbar sudah melangkah ke semifinal. Untuk kuota PON sendiri, bakal diambil 6 tim terbaik.

Tiket semifinal itu diraih Sumbar, setelah hari kedua pelaksanaan Pra PON Polo Air ini, Rabu (25/11), Sumbar yang sebelumnya sukses mengatasi Jatim, meraih dua kemenangan atas tim  Sumatera Selatan 12-7 dan Sulawesi Selatan 19-16.

Menghadapi Sulsel dukungan langsung dari Sekum PRSI Sumbar, Setyadi Tish di bangku cadangan memantik motivasi Novendra Deni cs. Pelatih Edi Desra menurunkan starting seven seperti Adek Alfiandri sebagai penjaga gawang, lalu Anggi Darma Putra, Hafis Alhamsyal, Azuan Risman, Ilfan Riyandi, Muhammad Gilang Nasution dan Novendra Deni sebagai kapten tim ternyata mendapat perlawanan dari anak asuh Ricky Halim yang menurunkan pemain terbaiknya pula diantaranya Ermansah penjaga gawang, Reza Resky Fauzy, Haslan, Hasril Mamma dan Muhammad Fajri.

Babak pertama berkesudahan imbang 4-4. Pada babak kedua, Sumbar mulai meninggalkan Sulsel. Alhasil sepanjang delapan menit babak kedua itu skor berakhir 11-8. Di quarter ketiga, Gilang Nasution semakin bagus. Tembakan dari jarak dua meter di depan gawang sambil berbalik badan pun bersarang ke jaring gawang Ermansah. Babak ketiga Sumbar leading enam gol, 16-10.

Pada babak terakhir atau keempat, Sulsel bangkit. Bahkan satu demi satu gol sukses bersarang ke gawang Adek Alfiandri. Sayang, upaya untuk mengejar gol bagi Sulsel hanya bisa hingga angka 16 sedangkan Sumbar hanya mampu menambah tiga gol. Skor akhir pun 19-16 untuk Sumbar sekaligus tampil juara Grup B walau hari ini masih menyisakan laga melawan Riau.

Sebelum menghadapi Sulsel, pada gim pagi harinya Sumbar menang 12-7 atas Sumsel. Pelatih Peris AB yang menurunkan starting seven Adek Alfiandri sebagai penjaga gawang, lalu Afdol Guntur Nasution, Anggi Dharma Putra, Hafis Alhamsyal, Ilfan Riyandi, Muhammad Gilang Nasution dan Novendra Deni sebagai kapten tim menang 12-7 atas Sumsel yang diperkuat Muhammad Zaki (penjaga gawang), Febriansyah Putra, Okta Rizal, Alan Delon Budi Kesuma, Kiemas Apriyadi, Muhammad Nurdiansyah dengan kapten Muhammad Alek Siswandoro.

“Alhamdulillah, kita menjadi tim pertama yang merebut tiket PON Jabar. Semoga saja ini menjadi motivasi bersar bagi para atlet ke depannya,” kata manajer tim, Edwar usai versus Sulsel. Hal itu pun dibenarkan Setyadi Tish.

Partai lainnya kemarin itu, Jambi di luar dugaan menaklukan Yogyakarta dengan skor 20-10. Padahal di atas kertas, Yogyakarta akan menang mudah karena sebelumnya menang atas Sumut.

Gim seru tercipta antara Sulawesi Selatan lawan Jawa Timur. Pada babak satu hingga ketiga, Sulsel selalu bisa unggul, namun di menit-menit akhir, Jatim mampu mengimbangi bahkan memasuki dua menit berbalik unggul. Skor akhir 13-14 untuk Jatim.

Laga kemarin ditutup antara Jambi kontra Sumatera Utara di Grup A. Gim itu dimenangkan Jambi dengan skor akhir 15-10. Dengan hasil itu maka untuk sementara di grup tersebut Jambi mempimpin dengan raihan dua kali kemenangan dan satu kali kalah. Sementara, Yogyakarta dari dua kali laga yang telah dimainkan menghasilkan satu kemenangan dan satu kalah, dan DKI Jakarta baru memainkan satu kali gim kontra Jambi yang berakhir 25-9 pada Selasa (24/11) lalu. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*