Presiden Jokowi Bertekad Indonesia Dapat Memproduksi Kapal Berkelas Internasional

Presiden Jokowi Bertekad Indonesia Dapat Memproduksi Kapal Berkelas InternasionalJakarta, PADANGTODAY.COM-Presiden Joko Widodo bertekad Indonesia dapat memproduksi kapal berkelas internasional. Hal itu dianggapnya sesuai dengan misi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

Advertisements

“Dua per tiga wilayah Indonesia adalah air dan negara kepulauan. Indonesia harus menjadi poros maritim dunia, bisa dicapai kalau kita mampu memproduksi kapal kelas dunia sendiri,” kata Jokowi, saat membuka rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/6/2015). 

 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga memerintahkan agar TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan BUMN agar menghentikan pembelian kapal produksi luar negeri. Presiden ingin pembelian kapal dialihkan ke produksi dalam negeri. 

 

“Jangan ada lagi yang beli kapal ke luar,” ujar dia.

 

Selanjutnya, Jokowi juga mendorong industri kapal Indonesia agar membuka ruang bagi investor. Tujuannya untuk mempercepat produksi nasional menguasasi pasar domestik dan internasional. 

 

Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki menambahkan, berdasarkan pantauan Jokowi di lapangan diperoleh informasi bahwa Indonesia sudah memiliki sekitar 250 industri galangan kapal, 105 di antaranya berada di Batam. Industri galangan kapal ini sudah mampu mengerjakan seluruh jenis kapal besar, termasuk tanker, kargo dan ferry. 

 

“Untuk itu, Presiden menginstruksikan seluruh kementerian/lembaga untuk membeli kapal hasil produksi dalam negeri, bukan impor,” kata Teten.

 

(Ia/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*