Program Pembiayaan CSR Bagi UKM

Advertisements
    Disperindagkop kota pariaman gelar sosialisasi

Padang-today.com___Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop & UKM) Kota Pariaman gelar acara sosialisasi program pembiayaan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan PT Semen Padang.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Perindagkop & UKM Kota Pariaman, dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman yang diwakilkan kepada Asisten II Setdako Pariaman, Yandri Leza, Kamis (15/3).

Dalam sambutannya Yandri Leza mengatakan bahwa visi dan misi Pemerintah Kota Pariaman yaitu Pariaman sebagai Kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama maka tentunya Pemerintah Daerah diharapkan selalu mendukung sektor ekonomi termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

“Di Kota Pariaman jumlah UMKM saat ini berjumlah 7.065 yang tersebar di empat kecamatan dengan jumlah populasi terbesar terdapat pada kecamatan Pariaman Tengah dengan jumlah 2.852 UMKM”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa banyaknya UMKM di Kota Pariaman membuktikan bahwa peningkatan pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas UMKM.

“Dengan adanya peningkatan tersebut menuntut peran aktif Pemerintah untuk selalu dinamis dan membuat terobosan baru agar UMKM yang ada di Kota Pariaman ini mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah, khususnya pada teknis yang membidangi sektor ekonomi ini” tambahnya.

Yandri memaparkan bahwa permasalahan paling mendasar di pelaku UMKM adalah persoalan prasarana pendukung, permodalan, pemasaran dan mutu produk dan pelayanan sehingga pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya sering terkendala untuk meningkatkan usaha UMKM tersebut.

“Dengan adanya jalinan kerjasama dengan PT Semen Padang ini dapat menunjang dan meningkatkan produktifitas dari UMKM yang ada di Kota Pariaman dan mengatasi permasalahan – permasalahan yang ada”, ucapnya.

Kedepan, Kami atas nama Pemko Pariaman berharap kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Pariaman agar dapat memberikan kontribusi sektor ekonomi yang baik dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah kearah yang lebih baik serta memberikan peluang pada berupa lapangan kerja bagi masyarakat Kota Pariaman,” tutup Yandri Leza

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan bahwa untuk  menindaklanjuti permasalahan pada pelaku UMKM terutama pada permasalahan permodalan dan pemasaran, Pemerintah kota Pariaman melalui Dinas Perindagkop & UKM menggandeng BUMN yaitu PT Semen Padang untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada di Kota Pariaman.

Gusniyeti memaparkan saat ini dari 7.065 UMKM di Kota Pariaman, yang telah bermitra dengan PT. Semen Padang baru sebesar 75 UMKM, sehingga dengan adanya sosialisasi ini UMKM yang bermitra dengan PT. Semen Padang semakin meningkat.”Pelaku UMKM yang kami undang ini adalah UKM sulaman yang berada di kawasan Desa Manggung, Desa Naras Hilir, Desa Naras 1, Desa Padang Birik-birik dan sekitarnya.  Dan rencananya PT Semen Padang akan menjadikan wilayah ini menjadi Kampung Sulaman”, ulasnya mengakhiri.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*