Program SQN 2015 Ditutup,PKPU Padang Salurkan 65 Hewan Qurban

Padang —  Lenbaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang secara resmi menutup Program Sebar Qurban Nusantara (SQN) tahun 2015. Dari program tersebut hingga hari tasyrik ke 3, Minggu (27/9), PKPU Padang telah menyalurkan sebanyak 65 hewan qurban ke pelosok daerah di Sumatera Barat. Hewan qurban tersebut terdiri dari 53 ekor sapi dan 12 ekor Kambing yang tersebar ke puluhan titik minus qurban pada 10 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Advertisements

Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Padang, Ramdan Dalni Akbar mengatakan,  lokasi terakhir penyaluran Qurban  yaitu di Tarusan Pessel sebanyak dua ekor Sapi dan sekaligus menandai berakhirnya program ini baik secara daerah maupun nasional. Alhamdulillah secara umum penyaluran dan proses pelaksanaan qurban di daerah –daerah berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan target yaitu masyarakat kurang mampu dan daerah minus pequrban dan hewan qurban.

Sejunlah tokoh dan anggota masyarakat mengucapkan rasa terima kasih kepada PKPU Padang yang telah mengirimkan mereka qurban di saat membutuhkan. Seperti diungkapkan oleh wali Nagari Kudo-Kudo Nagari Pancung Soal Pessel, Arwet yang turun langsung menjaga sapi qurban itu dari dini hari hingga pagi disembelih bersama pemuda setempat.

“Kami berterima kasih kepada PKPU Padang. Hadirnya Sapi Qurban ini bukan hanya kami dapat menikmati daging, tapi mampu menyatukan kekompakan pemuda untuk ikut terlibat melaksanakanya,” ungkap Arwet saat pelaksanaan di lokasi itu beberapa hari lalu.

Hal senada juga diungkapan Mahendra, Tokoh Masyarakat di Batang Anai dan Kurniawan Tokoh Pemuda di Surau Napa Sikucur Kampung Dalam Padang Pariaman. Mereka menyampaikan terima kasih, karena nyaris saja kedua surau itu tak jadi berkurban karena tak cukupnya pequrban untuk satu ekor sapi sehingga dilengkapi oleh PKPU langsung mengirimkan dengan sapinya.

Kepala Cabang PKPU Padang, Priambodo Ario Pamungkas mengungkapkan, pelaksanaan  Program tahun ini telah berjalan dengan lancar dan sukses. Isu krisis ekonomi meskipun sedikit mempengaruhi tingkat qurban tahun ini tetapi tetap memunculkan nama-nama para pequrban baru, baik  berasal dari Padang maupun luar Sumbar yang mempercayakakan penyaluran ke PKPU Padang.

“Sesuai dengan tema kita tahun ini yaitu qurbanisasi yaitu bagaimana terjadinya perpindahan hewan qurban dari yang berkecukupan kepada yang membutuhkan. Alhamdulillah telah kita lakukan,” kata Priambodo.

Atas nama PKPU Padang, Priambodo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada peserta qurban tahun ini yang telah memilih PKPU sebagai lembaga dipercaya membantu penyalurkan qurban. Pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan sebagai bentuk tanggung jawab lembaga.

Untuk diketahui setiap pequrban akan mendapatkan laporan pelaksanaan qurban berupa sertfikat qurban, dokumentasi  sebagai laporan pelaksanaan yang akan diserahkan setelah semua proses qurban secara nasional selesai. Secara nasional SQN PKPU hingga hari kedua tasyrik telah menyalurkan sebanyak 1.720 ekor sapi, 2.796 ekor Kambing di 804 desa di Indonesia pada 24 Propinsi. Termasuk di dalamnya tersebar di 8 negara di antaranya Palestina, Somalia, Kenya, Myanmar dan Thailand. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*