Puluhan Kendaraan Roda Dua Terjaring Operasi Zebra

 

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Pelaksanaan Operasi Zebra oleh jajaran Polres Kota Padang Panjang, ternyata mampu menekan angka pelanggaran berlalu lintas di daerah setempat. Dimana, dalam beberapa kali razia yang dilakukan, tidak berapa pelanggaran yang ditemukan.

Kapolres Padang Panjang AKBP Djoni Hendra melalui Kanit Laka Ipda Yaddi Purnama ketika dihubungi menyampaikan, sesuai dengan amanat Kapolres pada pelaksanaan razia dengan sistem hunting dan stationer. Dimana, pada razia stationer yang dilaksanakan sepanjang Rabu kemarin, terjaring 42 unit kendaraan roda dua dan roda empat.

“Dalam razia, sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2004, kita menertibkan seluruh kendaraan untuk memeriksa kelengkapan kendaraan dan surat-surat berkendara, termasuk juga kendaraan dinas atau plat merah. Seluruh pengguna jalan kita berlakukan sama, tidak ada istilah tebang pilih dalam pelaksanaan razia,” sebut Yaddi Purnama.

Disampaikannya, pada razia yang dilaksanakan hamper dua jam tersebut, pihaknya menyita 19 unit kendaraan roda dua karena tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan termasuk juga menilang 4 lembar SIM pengendara. Dimana, seluruh pengendara yang melanggar akan dikenai sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Rata-rata yang tidak memiliki kelengkapan berkendara didominasi oleh kalangan pelajar, apalagi pelajar dalam berkendara juga sering mengabaikan keselamatan dalam berkendara dengan tidak menggunakan helm,” jelasnya.

Melalui kegiatan Operasi Zebra tersebut, Yaddi Purnama menghimbau kepada orang tua dan pengendara untuk melengkapi surat-surat kendaraan dan alat kelengkapan berkendara apabila akan bepergian. Karena, keselamatan dalam berlalu lintas adalah keinginan semua pihak dan jangan lagi ada pelanggaran lalu lintas yang disebabkan oleh kelalaian pengendara.
Operasi Zebra yang dicanangkan secara nasional tersebut, berlangsung dari tanggal 26 November hingga 9 Desember mendatang dengan target meningkatkan keselamatan pengguna jalan dalam berkendara. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*