Puting Beliung di Luak Mengerikan, Wabup Asyirwan Yunus Kunjungi Korban

Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus

Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Korban puting beliung di tiga nagari, yakni Nagari Mungo, Andaleh, dan Nagari Sungai Kamuyang di Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota sedih. Kesedihan warga yang rumahnya rusak parah akibat dilanda angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (15/3) sekitar pukul 18.00 WIB ini sedikit terobati. Berturut-turut Bupati Alis Marajo, Ketua DPRD Safaruddin, dan Wakil Bupati Asyirwan Yunus kunjungi dan memberikan bantuan guna meringankan derita.

Puluhan pohon yang ikut tumbang diterjang angin berkecepatan 100 kilometer per jam tersebut tampak jelas di sepanjang jalan-jalan di kawasan penduduk. Sementara, soal jumlah korban, Badan Penanggulangan Bencana Daerah masih mendata hingga saat ini, saking banyaknya korban.

”Kita masih melakukan pendataan akibat puting beliung ini. Peristiwa ini terjadi begitu cepat dan merusak rumah warga,” ungkap Irfan Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota.

Irfan menjelaskan, sampai saat ini, belum dipastikan berapa jumlah rumah warga setempat yang rusak akibat puting beliung. Total rumah yang rusak, belum bisa dipastikan jumlahnya. Tetapi, tidak menimbulkan korban jiwa. Di Jorong Tabek Buruak, Jorong Kapalo Koto Nagari Andaleh yang terdapat hampir 15 rumah warga rusak parah.

Begitu juga di Jorong Talaweh, Jorong Indo Baleh Barat dan Jorong Indo Baleh Timur Nagari Mungo terdapat belasan rumah warga yang rusak. Serta di Nagari Andaleh terdapat belasan rumah warga turut rusak.

Wabup H Asyirwan Yunus yang menyempatkan datang ke lokasi, menyerahkan bantuan untuk meringankan beban korban. Ungkapnya, bahwa masyarakat di Limapuluh Kota, khususnya yang terkena bencana apapun, segera disambanginya, guna meringankan beban derita.

Ada rumah yang ditimpa pohon tumbang. Adanya atap rumah warga yang diterbangkan angin. Dari data di lapangan, terdapat puluhan rumah warga yang rusak. Kondisi di tiga nagari tersebut masih gelap akibat adanya pemadaman listrik.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*