Raih 4 Medali SGRWC, FAJI Padangpanjang Unjuk Prestasi

Padangpanjang, TODAY–Dua tim Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) Padangpanjang berhasil unjuk prestasi dengan meraih 4 medali dalam kejuaraan arum jeram Silokek Geofest Rafting World Cup (SGRWC) 2019 di Kabupaten Sijunjung pada 10-14 November lalu.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) FAJI Padangpanjang, Hendri Simon mengatakan empat tim putra dan putri yang diturunkan berhasil meraup 4 medali pada kategori lomba tingkat yunior (youth).

Raihan medali tersebut dikatakannya dari kategori lomba youth women, masing-masing medali emas Kelas H2H dan DRR. Sedangkan dua medali perak dari kategori lomba yang sama, yakni di Kelas Sprint dan Slalom.

“Ini suatu prestasi membanggakan yang diberikan atlet FAJI Padangpanjang dalam suatu kompetensi bergengsi. Ini sekaligus sebagai kado HJK yang jatuh pada Desember mendatang,” ungkap Simon usai disambut pengurus KONI Padangpanjang, Jumat (15/11) kemarin.

Pada kesempatan itu, Simon juga menyampaikan harapannya kepada KONI untuk lebih memaksimalkan pembinaan terhadap FAJI. Di antaranya saat ini sangat dibutuhkan, yakni berupa peralatan latihan dengan kualitas yang memadai.

“Selama perlombaan di Silokek kemarin, hanya FAJI Padangpanjang yang memakai alat jauh di bawah standar. Seperti alat dayung, rata-rata tim lain menggunakan jenis karbon. Ini salah satu penyebab belum maksimalnya daya sprint tim dalam perlombaan,” beber Simon.

Sementara itu Ketua KONI Padangpanjang, Primer mengaku sangat mengapresiasi capaian prestasi yang diraih FAJI kota berhawa sejuk itu. Raihan medali yang dicapai pada iven SGRWC itu, melebihi capaian saat iven Porprov di Padangpariaman 2018 lalu dengan hanya 2 peran dan 1 perunggu.

Terkait dengan harapan FAJI, Primer menyebut menjadi perhatian khusus dan akan segera dibahas dalam rapat pimpinan. Sesuai dengan perannya, KONI dikatakannya berkewajiban mengakomodir segala kebutuhan cabang olahraga (cabor) sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan prestasi.

“Kami sangat berbangga dengan raihan yang dicapai FAJI Padangpanjang di Silokek Sijunjung. Terkait dengan kondisi minimnya sarana prasarana cabor, ini akan jadi pe-er bagi KONI untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan mereka,” jawab Primer di kesempatan yang sama. (ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas