Ramadhan, Inflasi Sering Terjadi

PADANGTODAY.COM-Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Ampera Salim mengatakan, inflasi sering terjadi pada bulan Ramadhan, karena masyarakat lebih banyak konsumtif.

Advertisements

“Harga sejumlah bahan pokok sering melonjak pada Ramadhan, jangan terlalu konsumtif,” ujarnya di Padang Panjang, Kamis.

Hal itu, menurutnya terkait sejumlah harga bahan pokok di tingkat pedagang pasar tradisional Padang Panjang saat ini relatif naik sejak beberapa hari terakhir.

Untuk itu ia juga menghimbau kepada masyarakat jangan terlalu banyak konsumtif terhadap makanan pada Ramadhan, karena juga tidak baik bagi kesehatan.

“Jaga selalu menu makan supaya tidak mudah terserang penyakit saat menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Wakil Wali Kota Padang Panjang, Mawardi sebelumnya juga mengimbau masyarakat setempat agar memperbanyak makan-makanan tinggi serat selama bulan Ramadhan, supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Kondisi tubuh tidak normal, karena saat kita berpuasa tubuh banyak menyaring makanan, kurang minum (cairan) dan kurang konsumsi serat,” tambahnya.

Ia menyebutkan, makanan tinggi serat itu seperti biji-bijian dan buah-buahan, lalu banyak minum air putih dan jika ingin mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak pilihlah roti atau gandum yang mengandung bekatul.

Menurut dia, jenis penyakit yang berpotensi terjangkit saat bulan puasa diantaranya, konstipasi (sembelit), gangguan pencernaan, tekanan darah rendah, sakit kepala, gula darah rendah, bisul perut dan radang perut, serta batu ginjal.

Masyarakat Padang Panjang, Khairatun mengucapkan terima kasih atas himbauan yang berikan tersebut, sehingga bisa mengurangi resiko penyakit pada bulan Ramadhan.

Himbaun itu sangat bermanfaat, karena kami selama bulan Ramadhan jarang mengontrol makanan, lanjutnya.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*