Randai Penuh Pesan dan Nasihat

.

Advertisements

SUNGAI LASI, PADANG-TODAY.COM

Pergelaran randai sebagai seni budaya Minangkabau merupakan pertunjukan hiburan yang di dalamnya juga disampaikan pesan dan nasihat. Sambil menyampaikan pesan dan nasihat, randai juga bisa bercerita dalam bentuk nyanyian secara berganti-gantian serta menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Hal itu disampaikan Bupati Solok Gusmal di hadapan Ketua Forum Seni Anak Nagari dan masyarakat nagari Taruang-taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Sabtu, (8/10).

“Dengan adanya forum seni anak nagari ini, tentu akan semakin mempererat dan memperkuat hubungan antara Kabupaten solok dengan Kota Sawahlunto,” ujar Gusmal.

Kalau tidak ada halangan pada Desember mendatang akan diadakan festival randai tingkat Kabupaten Solok.

“Kita akan tampilkan randai di setiap acara besar. Sehingga nantinya randai akan lebih membumi di tengah masyarakat,” tutupnya.

Sebelumnya Ketua Forum Seni Anak Nagari Indra Gunawan menyatakan forum ini terbentuk pada tanggal 17 Oktober 2015, dengan berkolaborasi antara Kabupaten Solok dengan Sawahlunto maka lahirlah sebuah forum yang diberi nama Forum Seni Anak Nagari.

“Dasar terbentuk forum seni anak nagari ini karena melihat semakin kurangnya minat para generasi muda kita dalam kesenian tradisional Minangkabau khususnya randai,” ujarnya.

Dengan adanya forum ini diharapkan dapat memfasilitasi dan memupuk minat para generasi muda sehingga kesenian randai ini tetap lestari.

“Acara ini kita kemas sekali 3 bulan, forum ini terdiri dari 26 kelompok, baik di Kabupaten Solok ataupun dari Sawahlunto dan sekitarnya,” tutupnya. (*)

.

[YANCE GAFFAR]

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*