Rapat Koordinasi Pencalonan Wako dan Wawako Padang Panjang Jefri : “Pimpinan Parpol dan Bakal Paslon Wajib Hadir Saat Pendaftaran”

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dalam rangka pelaksanaan tahapan pencalonan dalam penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang Tahun 2018, KPU Kota Padang Panjang adakan Rapat Koordinasi Kamis (4/1) di Ruang Rapat Kantor KPU Kota Padang Panjang.Rapat yang dihadiri oleh Ketua KPU Kota Padang Panjang Jafri Edi Putra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Marwilis, SH, M.Si, Kasat Pol PP dan Damkar Arkes Refagus, S.Sos dan Dinas terkait lainnya.

Advertisements

Dalam rapat tersebut Ketua KPU Jafri menerangkan beberapa tahapan pencalonan Pilwako Kota Padang Panjang dimulai dari persyaratan pendaftaran bakal calon Wako dan Wawako Kota Padang Panjang.

Pendaftaran Cawako dan Cawawako Kota Padang Panjang tahun 2018 , didasarkan pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota dan Keputusan KPU Kota Padang Panjang nomor 11/HK.03.1-KPT/1374/KPU/IX/2017 tentang tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Padang Panjang Tahun 2018.

“Bagi Paslon Wako dan Wawako Parpol dan atau gabungan parpol wajib memenuhi syarat minimal perolehan kursi dan syarat minimal perolehan suara sah sesuai keputusan KPU Kota Padang panjang Nomor 22/HK.03.1-KPT/1374/KPU/IX/2017 tentang Jumlah Kursi atau Suara Sah Parpol atau Gabungan Parpol dalam Pengajuan Bakal Paslon,” terang Jafri.

Jafri menambahkan, syarat minimal bagi Paslon adalah sebanyak 20% dari jumlah kursi anggota DPRD tahun 2014 atau 4 Kursi, sedangkan syarat minimal suara sah sebanyak 25% dari jumlah kursi anggota DPRD 2014 yaitu 6.484 suara sah.

Sedangkan untuk Pimpinan Parpol atau Pimpinan Gabungan Parpol dan Bakal Pasangan Calon yang diusulkan oleh Parpol dalam Pemilu Wako dan Wawako tahun 2018 Wajib Hadir Pada Saat Pendaftaran

“Jika salah satu tidak ikut dalam pendaftaran pemilu nanti maka Balon Wako dan Wawako tidak berhak atau tidak bias ikut dalam Pemilu Tahun 2018 nanti,” kata Jafri.

“Kami akan menerima penyerahan dokumen persyaratan dan dokumen syarat bakal Paslon pada 8 hingga 10 Januari 2018 mendatang,” tutup Jafri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*