Rapat Paripurna, DPRD Payakumbuh Bahas 3 Ranperda

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Payakumbuh, Hendriwanto. S.Sos.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Payakumbuh, Hendriwanto. S.Sos.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-DPRD Payakumbuh mengajukan 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif dalam Sidang Paripurna yang dihelat pada Rabu (11/10). Ketiga Ranperda tersebut di antaranya Ranperda Pelestarian dan Pengembangan Adat Nagari, Ranperda Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan, serta Ranperda Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Fasiltas Umum.

Penyampaian usul inisiatif ini dalam Paripurna ditujukan untuk ditanggapi oleh Pemko Payakumbuh. Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Payakumbuh, Hendriwanto. S.Sos.

Rapat Paripurna ini sendiri dipimpin Ketua DPRD Payakumbuh, H. Yendri Bodra Dt. Parmato Alam. Turut hadir dalam rapat tersebut Walikota Payakumbuh Riza Fahlepi, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta SKPD.

Dikatakan Hendriwanto, ketiga Ranperda ini sangat menunjang dalam tata kelola Pemerintahan Kota, terutama lembaga-lembaga adat yang ada di Payakumbuh. Oleh karenanya, merupakan hal mutlak untuk diperkuat dalam mengatasi berbagai macam persoalan. Perlu adanya penguatan kelembagaan adat dan masyarakat secara luas dalam rangka pelestarian dan pengembangan ke depan.

Begitu juga halnya dengan Ranperda tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan, diharapkan bisa meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Karena Lembaga Kemasyarakatan merupakan wadah yang strategis dalam upaya meningkaatkaan peran serta masyarakat dalam pembangunan di daerah. Sehingga, perlu adanya payung hukum yang jelas mengenai pengaturan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Terkait Ranperda tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Dasilitas Umum, Hendriwanto berharap aturan tersebut dapat menjawab permasalahan yang ada dan menghasilkan suatu penamaan jalan yang konprehensif, sesuai dengan kondisi dan aspirasi masyarakat. Hal ini juga memudahkan langkah prosedural, serta memberikan pedoman yang jelas dalam penamaan sebuah jalan atau fasilitas umum. Oleh karenanya, perlu dibentuk suatu aturan yang jelas berupa Peraturan Daerah.

Sementara itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD Kota Payakumbuh atas Ranperda usulan yang diajukan.

“Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan dan kita lakukan akan membuahkan hasil bagi kemajuan pembangunan di Kota Payakumbuh,” ungkap Riza.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*