Ratusan Qari dan Qariah Ikuti MTQ Tingkat Agam

AGAM, PADANGTODAY.COM -Ratusan qari dan qari’ah Masjid Nurul Ikhlas Perumnas Talago, Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung mengikuti lomba Musabaqah Tillawatil Qur’an (MTQ), Minggu (19/7). Lomba MTQ tersebut, dalam rangka menyemarakkan bulan Suci Ramadhan 1435 Hijriyah.

Bupati Agam Indra Catri, saat pembukaan MTQ tersebut, mengatakan melalui penyelenggaraan MTQ ini diharapkan generasi Qur’ani di Kabupaten Agam, khusunya di Perumnas Talago dapat dilestarikan sehingga tumbuh generasi islami yang memahami isi dan kandungan dalam al-qur’an. “Yang terpenting bagaimana generasi muda kita kedepan bisa mengerti, memahami dan mencintai isi kitab suci al-qur’an untuk mengamalkannya ke dalam kehidupan sehari-hari,” kata Indra Catri.

Selain lomba MTQ, bupati menambahkan masih banyak lagi kegiatan keagamaan yang harus diisi oleh generasi penerus bangsa, seperti program thaharah masjid, magrib mengaji, one day one ayat, dan kegiatan keagamaan lainnya. Salah satunya, juga termasuk menghidupkan kembali marwah tradisi khatam al-qur’an, karena khatam al-qur’an merupakan media atau alat sebagai pedoman bahwa dalam suatu keluarga tersebut telah berhasil mendidik anaknya tulis baca al-qur’an, sehingga terdorong bagi masyarakat lainnya untuk melaksanakan khatam al-qur’an.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengajak kepada tokoh agama agar terus membimbing dan mendidik anak kemenakan.

Hadir saat itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri juga selaku Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Asisten Administrasi Umum Mulyadi, Camat Lubuk Basung Helton, Wali Nagari Lubuk Basung Darma Ira Putra. (*/martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*