Rawan Bencana BPBD Padang Panjang Adakan Pelatihan Penanggulangan Bencana

Padang Panjang, Padang-Today.com – Untuk meminimalisir bencana yang akhir – akhir ini sering terjadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang Panjang mengadakan pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana alam bagi masyarakat dan Satgas PB Kelurahan se- Padang Panjang di Hall Balaikota Lt.III, Senin (13/8).Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua angakatan, angkatan pertama dimulai hari ini dan besok (13-14) untuk Satgas PB Kelurahan se-Kecamatan Padang Panjang Timur. Sementara angkatan dua untuk Satgas PB Kelurahan se-Padang Panjang Barat pada tanggal 15-16.

Advertisements

Pemerintah sangat mengapresiasi bentuk wujud kepedulian dan tanggung jawab bersama antara BPBD Padang Panjang dan elemen masyarakat dalam upaya mencegah dan menanggulangi bencana alam yang terjadi.

“Mengingat kita ketahui bahwa Padang Panjang merupakan daerah rawan akan terkena bencana yang diapit oleh gunung dan perbukitan membuat curah hujan yang sangat tinggi sehingga berpotensi sangat tinggi mendapatkan bencana alam “, jelas Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid saat membuka acara tersebut.

Pemerintah sangat mengharapkan kegiatan ini tidak hanya pelatihan semata tetapi dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan dan berguna untuk diri sendiri dan Padang Panjang nantinya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan optimal, serta dapat diterapkan dilapangan, sehingga jika ada bencana kita telah siap dan sigap dengan bencana tersebut,” harapnya.

Lain hal dengan Kepala BPBD Kesbangpol Kota Padang Panjang Drs. Erizal, menyebutkan kegiatan ini bertujuan agar dapat mengurangi resiko bencana alam yang terjadi, baik itu bencana alam maupun kelalaian dari diri sendiri.

Melalui kegiatan ini diharapkan kepada peserta dapat menyiapkan diri baik secara mental, fisik, strategi dan ketanggapan agar selalu siap dalam setiap bencana yang terjadi.

“Kita berharap terlaksananya kegiatan ini dapat menghasilkan Kelurahan yang tanggap dan tangguh akan bencana dan meningkatnya kapasitas serta pengetahuan dalam penanggulangan bencana”, ungkap Erizal.

Pelatihan tersebut diikuti 160 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Kelurahan se-Kecamatan Kota Padang Panjang dengan mendatangkan narasumber dari BPBD Provinsi Sumatera Barat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*