Reses Anggota DPRD Payakumbuh Syafrizal, Bekali Warga Setempat Dengan Pelatihan

Reses Anggota DPRD Payakumbuh Syafrizal, Bekali Warga Setempat Dengan Pelatihan

Reses Anggota DPRD Payakumbuh Syafrizal, Bekali Warga Setempat Dengan Pelatihan

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-“Reses anggota DPRD sangat perlu dilakukan untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat terkait pembangunan, pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya, hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 27 tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).”

Hal itu disampaikan Syafrizal Anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Fraksi Partai Bulan Bintang saat melaksanakan kegiatan Reses masa persidangan I Tahun 2017 di Balai Adat Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori yang dihadiri oleh masyarakat setempat, Sabtu (29/4/2017). Turut hadir Camat Lamposi Tigo Nagori, David Bachri SSTP, Lurah Sungai Durian Syamsul Bahri, Duta Zero Waste Linda dan Bhabinkamtibmas Ardiman serta puluhan masyarakat setempat.

Menurut Syafrizal kegiatan reses ke daerah pemilihan ini telah diatur dalam UU Nomor 27 tahun 2009 pada pasal 318 ayat (2) dan (3).

”Tujuan Reses untuk menyerap aspirasi masyarakat yang selanjutnya akan disidangkan sebelum aspirasi itu diusulkan masuk kedalam program pembangunan pemerintah Kota Payakumbuh,” tegas Syafrizal.

Lebih lanjut Syafrizal menyampaikan, melalui kegiatan reses yang dilakukan ini anggota DPRD dapat mengetahui secara lebih jauh tentang kondisi masyarakat sehingga dapat mengoptimalkan pelaksanaan program serta evaluasi pembangunan di daerah pemilihannya masing-masing.

Selain melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan, menurutnya kegiatan reses ini dilakukan untuk mendukung optimalisasi kinerja DPRD Kota Payakumbuh. Sebagaimana diketahui situasi dan kondisi masyarakat saat ini yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi serta menuntut anggota DPRD untuk memiliki kemampuan yang cepat dan tinggi dalam menyerap apa yang terjadi di masyarakat dan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat di daerah pemilihan masing-masing anggota Dewan.

Dari kegiatan Reses, akan didapat masukan dan usulan dari masyarakat terkait pembangunan, semua masukan yang dihasilkan dari reses harus menjadi catatan bagi Anggota DPRD lalu dibawa kemasa persidangan/reses untuk dipertimbangkan serta ditindaklanjuti apakah aspirasi itu dapat dimasukkan ke dalam rencana kerja tahun berikutnya.

Sebenarnya, selain menyerap aspirasi Masyarakata di Dapil masing-masing, reses ini juga berguna sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Sambil melihat kondisi daerah, serta melihat persoalan apa yang sedang terjadi lalu disampaikan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti.

”Oleh sebab itu, usulan masyarakat saat reses akan menjadi pertimbangan oleh pemerintah untuk masuk dalam program pembangunan tahun depan,” tegas putra Lamposi Tigo Nagori ini.

Selain menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat, pada kegiatan reses yang dilakukan kali ini juga di kemas dalam bentuk pelatihan dan sosialisasi tentang antisipasi kesiapsiagaan bencana yang materinya diberikan oleh BPBD Kota Payakumbuh. Juga digelar Sosialisasi Kamtibmas yang disampaikan oleh Babinkamtibmas dari Polsek Kota Payakumbuh.

Tidak kalah pentingnya, mengkampanyekan tentang masalah sampah dari Duta Zero Waste yang bisa menjadikan sumber penghasilan. “Sampah Adalah Uang.”

“Selain menjalin hubungan silaturahmi, kita berharap kegiatan ini juga bisa memberikan informasi dan penjelasan serta edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat, terlebih tentang masalah persampahan,” pungkas Syafrizal.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*