Rifa Yendi-Zulhikmi Masih Kurang 5.697 Dukungan Faktual

RIFA YENDI-ZULHIKMI

RIFA YENDI-ZULHIKMI

Advertisements

Limapuluh Kota,

KPU LIMA PULUH KOTA

KPU LIMA PULUH KOTA

PADANGTODAY.com-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lima Puluh Kota menuntaskan rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan dari pasangan Rifa Yendi dan Zulhikmi pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (4/7) di aula kantor KPU Limapuluh Kota Tanjung Pati. Pasangan ini masih kekurangan 5.697 dukungan, yang harus dipenuhi di masa perbaikan 4-7 Agustus 2015.

Rekapitulasi menyebutkan bahwa pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan satu-satunya di Lima Puluh Kota, Rifa Yendi-Zulhikmi ditetapkan dengan dukungan yang memenuhi syarat berjumlah 25.428. Jumlah tersebut merupakan hasil verifikasi administrasi dan faktual oleh PPS sejak 23 Juni sampai 6 Juli lalu. Rekapitulasi berjenjang dilakukan sampai ke tingkat kabupaten, Selasa.

Pada awalnya, pasangan Rifa Yendi-Zulhikmi menyerahkan 50.845 dukungan. Dari jumlah itu, KPU Lima Puluh Kota melakukan analisis dukungan ganda. Didapati data gukungan ganda berjumlah 5.083 dukungan.

KPU Limapuluh Kota melalui jajarannya dipantau oleh Panwascam di masing-masing kecamatan memantau verifikasi administrasi dan faktual oleh PPS sebanyak 45.762 berkas dukungan. Setelah dilakukan verifikasi administrasi dan faktual oleh PPS, maka dukungan pasangan ini terbukti masih belum memenuhi syarat dukungan minimal untuk maju dari jalur perseorangan dalam Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota. Jumlah syarat minimal dukungan untuk calon independen ini sebagaimana yang ditetapkan KPU Limapuluh Kota berjumlah 31.125 dukungan.

“Hasil pleno ini, kita ketahui dukungan terhadap pasangan Rifa Yendi-Zulhikmi masih belum mencukupi.Dari syarat minimal dukungan, jumlah ini masih kurang 5.697 dukungan. Secara factual dukungan baru 25.428 dukungan,” ujar ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata di penghujung Rapat Pleno.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Limapuluh Kota, Ilham Yusardi menjelaskan bahwa dari hasil rekapitulasi tersebut maka pasangan Rifayendi-Zulhikmi harus menyerahkan dukungan kembali minimal dua kali dari jumlah kekurangan tersebut, yaitu minimal sejumlah 11.394 dukungan lagi.

“Sebagaimana diatur oleh PKPU, dukungan sebanyak 11.394 ini mesti diserahkan kembali pada masa perbaikan 4-7 Agustus 2015. Kemudian KPU dan jajarannya kembali melakukan verifikasi administrasi dan faktual tanggal 12-16 agustus 2015 nanti, ” ujar Ilham menjelaskan.

Pada kesempatan itu, Rifa Yendi dan Zulhikmi yang hadir langsung pada rapat pleno tersebut dapat menerima jumlah dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU tersebut. Rifa Yendi dan Zulhikmi optimis  dapat melengkapi dukungan yang masih belum mencukupi.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*