Riza Falepi Selalu Intervensi Dinas Pendidikan, Payakumbuh Pengelola Pendidikan Terbaik Sumbar

Kota Payakumbuh

Logo Kota Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Tak sia-sia Walikota Riza Falepi selalu mengintervensi jajaran Dinas Pendidikan Payakumbuh untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hasilnya, tahun ini Payakumbuh kembali menerima penghargaan Pengelola Pendidikan Terbaik Tingkat Kota se Sumatera Barat. Tahun 2014 Payakumbuh menempati peringkat III, tapi tahun ini naik satu anak tangga, ke peringkat II, di bawah Bukittinggi.

Penghargaan Pengelola Pendidikan Terbaik berikut piala Gubernur Sumatera Barat, diterima Walikota Payakumbuh diwakili Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S.Pd, dari Wagub Muslin Kasim, pada upacara peringatan Hardiknas Sumatera Barat di Bank Indonesia, Sabtu (2/5).

Keterangan Kadisdik Payakumbuh Hasan Basri di Balaikota Payakumbuh, Rabu (6/5), peningkatan prestasi yang diukir Payakumbuh dibidang pendidikan ini, diakui tak lepas dari intervensi kepala daerah. “Saya sering didadak Walikota Riza Falepi, Wawako H. Suwandel Muchtar dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, untuk terus mencari inovasi dalam peningkatan mutu pendidikan,” sebutnya.

Makanya, bersama seluruh kepala sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK serta Kepala Kantor Kementerian Agama Payakumbuh yang mengelola sekolah madrasyah, mencari solusi untuk peningkatan mutu pendidikan. Hasilnya, cukup lumayan, sudah bermunculan pelajar Payakumbuh mewakili Indonesia dan Sumatera Barat ke Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.

Sedangkan, indikator yang diberikan Gubernur Irwan Prayitno dalam menetapkan kota dan kabupaten di Sumatera Barat sebagai pengelola pendidikan terbaik adalah, dalam jumlah, bobot dan persentase siswa SLTA yang diterima pada perguruan tinggi di Indonesia tahun pelajaran 2013/2014.

Pada tahun 2013/2014, tercatat 862 siswa (62%) dari 1.376 siswa yang ikut ujian negara (UN), diterima melanjutkan pendidikan diberbagai perguruan tinggi negeri dan swasta ternama. Jumah tersebut meningkat sebanyak 198 siswa dibanding tahun ajaran sebelumnya yang berjumlah 664 orang.

Di antara perguruan ternama itu adalah UI Jakarta, ITB dan Unpad Bandung, UGM Yogyakarta, ITS Malang, Universitas Trisakti Jakarta, UNRI Pekanbaru, USU Medan dan Unand serta UNP Padang.

Menurut Hasan, SMAN 1 Payakumbuh tercatat paling besar meloloskan siswanya di perguran tinggi negeri dan swasta ternama, mencapai 260 dari 313 yang lulus UN. Kemudian SMAN 2 (232 dari 273 siswa), SMAN 3 (176 dari 262), SMAN 4 (104 dari 255 siswa), SMAN 5 (32 dari 72 siswa), SMA Muchtar (2 dari 2 siswa), SMA PGRI (15 dari 82 siswa), SMA Raudhatul Jannah (41 dari 48 siswa), MAN 1 (70 dari 130 siswa), MAN 2 ( 239 dari 354), MAN 3 (47 dari 62 siswa).(mnc)

One comment

  1. assalamu’alaikum pak, kaau buliah pendidikan moral jan xaai kalah samo pendidikan nasional pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*