Rohingya, Akankah Indonesia Membukakan Pintu?

Rohingya,-Akankah-Indonesia-Membukakan-Pintu

Advertisements

Aceh, PADANGTODAY.com-Muslim Rohingya, manusia kapal yang terdampar di lautan Indonesia mendapat sambutan baik oleh masyarakat sekitar Pelabuhan Kuala Langsa dan Lhoukson, Lhokseumawe, Aceh.

Dompet Dhuafa, lewat Disaster Management Center (DMC) dan Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) menerbangkan relawan untuk melakukan layanan aksi kemanusiaan untuk Muslim Rohingya.

“Lokasi pengungsi sekarang di Desa Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Aceh Utara berjumlah 351 jiwa warga negara Myanmar, dan di kantor imigrasi Lhoksemawe 232 jiwa Warga Bangladesh,” laporan salah satu tim LKC Aceh, Alan Hardi, via Whatsapp pada Rabu (20/5).

Sejumlah bantuan telah diberikan baik dari pemerintah maupun swasta. Begitu juga oleh Dompet Dhuafa. Warga Rohingya ini sangat terbantu terutama dengan layanan kesehatan cuma-cuma Dompet Dhuafa.

Menanggapi isu Rohingya, banyak elemen masyarakat khususnya Sumatera Barat yang semenjak 2013 mengikuti perkembangan kasus Rohingya terketuk untuk kembali memperjuangkan Rohingya.

“Akankah Rohingya diperjuangkan sebagai bagian dari Warga Negara Indonesia? Hal ini sedang menjadi pembahasan komunitas kemanusiaan di Sumatera Barat. Rencananya Rabu (27/5) mendatang kasus Rohingya akan dibahas secara massal lewat Focus Group Discussion yang akan diadakan di Padang dengan mendatangkan pakar Hukum Internasional,” papar Head of Fundraising Dompet Dhuafa Singgalang, Karsini.

Duka Rohingya adalah duka muslim sedunia.
Mari salurkan kepedulian kita untuk membantu saudara kita lewat donasi melalui rekening Muamalat di nomor 421.001.7712 atas nama Dompet Dhuafa Singgalang. Atau kunjungi langsung Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang, di Jln. Juanda No. 31 C Pasar Pagi, Padang. Telp. 0751-40098. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*