Rp200 Miliar untuk Bangun Asrama Haji Piaman Bakal Turun dari Pusat

foto bupati bersama para alumni STM Negeri I Pariaman saat acara reuni

foto bupati bersama para alumni STM Negeri I Pariaman saat acara reuni

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM -Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan, pada 2015 pemerintah pusat kucurkan dana Rp200 miliar untuk pembangunan asrama haji di Kenagarian Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai.

Asrama haji di Parupuk Tabing tidak bisa lagi untuk dikembangan. Dengan demikian pemerintah pusat mencarikan lokasi baru untuk pembangunan asrama haji. Berdasarkan kondisi itulah Pemkab Padangpariaman mencarikan lokasi tanah untuk pembangunan asrama haji tersebut.

“Lokasi tersebut di Kenagarian Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai. Di lokasi tersebut semua sarana para sarana asrama haji dibangun. Sebab, asrama haji tersebut dapat dipergunakan dengan multi fungsi. Disana ada rumah sakit dan saran lainnya,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat acara reuni akbar dan halal bi halal Alumni STM Negeri Pariaman/SMK Negeri I Pariaman, di Aula Saiyo Sakato Pariaman.

Katanya, lokasi tanah untuk pembangunan asrama haji tersebut disediakan Pemkab Padangpariaman dan kemudian diserahkan kepada Kementrian Agama Repoblik Indonesia. “Saya yang langsung menyerahkan sertifikat tersebut untuk dibalik namakan menjadikan Kementrian Agama RI,” ungkapnya.

Namun demikian katanya, disamping pembangunan asrama haji masih banyak lagi berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan dan lagi berlangsung di Kabupaten Padangpariaman. Semua pembangunan tersebut mempergunakan dana APBN. Sebab, dana APBD Padangpariaman tidak mencukupi untuk menjalankan roda pembangunan.

==Seperti pembangunan Balai Pelantihan Pendidikan dan Ilmu Pelayanan (BP2IP) di Pantai Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, MAN Cendikia di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Pada dua lokasi tersebut akan dilaksanakan pendidikan pelayaran dan keagamaan. “Semua mahasiswa BP2IP dan siswa MAN Cendikia dibiayai oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Disamping melaksanakan program pembangunan fisik Pemkab Padangpariaman juga melaksanakan peningkatan ekonomi masyarakat. Kenapa tidak, lanjutnya, pasca gempa bumi tahun 2009 semua sektor perekonomian masyarakat juga porak poranda disamping rumahnya.

Disinilah peranan Pemkab Padangpariaman dalam melakukan penataan pembangunan segala sisi, baik perkeonomian dan fisik sama-sama dijalankan. Lihat saja pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca gempa meningkat menjadi 6,67 parsen. Kondisi tersebut membuat peningkatan ekonomi di Kabupaten Padangpariaman menjadi terbaik dua dalam propinsi Sumatra Barat.

Kemudian lagi katanya, melanjutkan pembangunan kantor Bupati Padangpariaman di Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung juga terus dilakukan. Akhir tahun 2012 pusat pemerintah Padangpariaman telah dipindahkan kesana. Sampai sekarang proses pemerintah telah berjalan dengan baik di kantor Bupati Padangpariaman baru itu dan kantor tersebut telah berdiri dengan megahnya.

Bakan sarana para sarana kantor juga telah dibangun. Mulai kebun binantang mini dan sarana pendukung lainnya. Makanya, saat Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Jhohermansyah Jhoan sangat memuji kecantikan kantor Bupati Padangpariaman yang baru ini. Bahkan dirjen tersebut menyatakan kantor bupati ini paling bagus dari yang lainnya.

“Kita mengundang semua alumni STM Negeri Pariaman/ SMK Negeri I Pariaman yang segaja pulang kampung di hari lebaran ini untuk datang melihat kantor Bupati Padangpariaman yang baru itu. Saya mengatakan demikian, karena alumni yang selama ini hidup dirantau bisa melihat dari dekat bagaimana pelaksanaan pembangunan di Padangpariaman pasca gempa bumi tahun 2009,” ujarnya.

Ke depan untuk melanjutkan proses pembangunan segala bidang ini perlu kebersamaan semua pihak di Kabupaten Padangpariaman. Begitu juga peranan alumni sangat tinggi dalam mendukung kelanjutan pembangunan ini ke arah yang lebih baik lagi. “Kita berharap dengan dukungan semua pihak Padangpariaman semakin jaya bersama masyarakatnya,” paparnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*