RSUD Pariaman Tutup Layanan di IGD Karena Seorang Petugas Medis Positif COVID-19

Padang-today.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menutup layanan di IGD karena seorang petugas medis di bagian pelayanan itu positif terpapar COVID-19.
“Ada seorang petugas IGD yang positif dan dia kontak dengan semua petugas di IGD, ada 36 orang¬† (berdasarkan) tracking (pelacakan),” kata Direktur RSUD Pariaman dr. Indria Velutina di Pariaman, Selasa.
Ia mengatakan penutupan layanan di RSUD tersebut hanya untuk IGD sedangkan pelayanan untuk poliklinik tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan.
Ia menyampaikan bagi pasien yang akan menggunakan layanan IGD RSUD Pariaman mulai hari ini dipindahkan ke rumah sakit (RS) sekitar sampai hasil swab atau tes usap petugas yang lainnya keluar.
“Mudah-mudahan besok pagi dapat hasilnya (negatif) dan IGD kita buka kembali,” katanya.
Namun, lanjutnya sebelum dibuka pihaknya menyemprotkan cairan disinfektan ke ruangan IGD terlebih dahulu agar COVID-19 hilang di ruangan itu.
Sedangkan untuk, pasien rujukan COVID-19 dari RS lain atau kabupaten dan kota lainya masih diterima di RSUD Pariaman dengan penempatan ruang isolasi Nan Tongga.
Ia mengimbau warga di daerah itu untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19. Di antaranya tetap menggunakan masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindarkan kerumunan.
Ia menambahkan saat ini ada 31 orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Pariaman yang pemeriksaan kamorbidnya dilakukan di RSUD Pariaman namun petugas medis di IGD RSUD Pariaman tidak termasuk ke dalam 31 orang tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul mengatakan Puskesmas Pauh juga dilakukan penutupan layanan karena salah seorang petugas medisnya terpapar COVID-19.
“Petugas ini merupakan istri dari anggota Polres Pariaman yang dinyatakan positif COVID-19,” ujar dia.
Ia menyampaikan untuk masyarakat yang ingin berobat dialihkan Puskesmas terdekat hingga hasil tes usap petugas lainnya di Puskesmas Pauh keluar dengan hasil negatif. (SugeR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*