Sakit Gigi Bisa Jadi Pertanda Kelainan Jantung

sakit gigiPADANGTODAY.com – Para ahli mengungkap bahwa sakit gigi juga bisa menjadi pertanda dari penyakit lain yaitu kelainan jantung heart spasm atau biasa disebut dengan Angina Pectoris. Kelainan jantung ini disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam darah yang menuju ke jantung. Biasanya dipicu oleh menyempitnya pembuluh darah arteri ke jantung. Angina Pectoris bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian kiri rahang. Inilah yang seringkali disalahartikan sebagai sakit gigi.

Banyak orang yang mengalami kelainan jantung Angina Pectoris ini dan mengalami sakit pada rahang bawah sebagai gejalanya. Tanpa berpikir panjang mereka mengira itu hanya sakit gigi biasa, padahal sebenarnya itu adalah penyakit jantung yang bisa mengindikasikan adanya serangan jantung.

Para ahli kesehatan baru-baru ini juga mengkhawatirkan adanya bakteri dalam mulut yang bisa masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan stroke serta serangan jantung. Rasa sakit yang menyertainya biasanya berasal dari gigi atau rahang bagian bawah, atau bahkan bisa terasa seperti sakit telinga.

Selain itu, bakteri dari mulut juga bisa masuk ke pembuluh darah kemudian menempel pada lemak dan berkumpul pada pembuluh darah arteri. Lama-kelamaan bakteri dan lemak tersebut akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung atau serangan jantung.

Meski begitu, tak semua sakit gigi mengindikasikan penyakit jantung. Hal ini perlu diwaspadai oleh orang yang pernah memiliki riwayat penyakit jantung dan bermasalah dengan jantungnya. Jika sakit gigi yang dirasakan bersamaan dengan kepala yang terasa ringan dan keringat dingin, pasien sebaiknya segera memeriksakan diri. Serangan jantung juga biasanya memunculkan gejala seperti sakit pada tenggorokan, rahang bawah bagian kiri atau kanan, gigi, telinga, dan sakit pada dada.

Semua orang yang pernah sakit gigi tentu tahu betapa menyakitkan dan tak nyamannya sakit gigi. Namun sakit gigi yang menyakitkan tersebut ternyata bisa berkaitan dengan penyakit lain yang lebih berbahaya. Jika sakit gigi yang sering dialami tak segera sembuh meski sudah diperiksakan ke dokter gigi, waspadalah.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*