Saksi Paslon Sebaiknya Dilakukan Rapid Test/Swab

Padang-today.com – Juru Bicara penangan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, sebaiknya saksi pasangan calon kepala daerah bertugas di Tempat Pemungutan Suara dilakukan rapid test atau swab demi mencegah penyebaran virus corona.

“Ada baiknya calon kepala daerah untuk melalukan rapid tes atau swab pada saksi ditugaskan di TPS,”kata Jasman Rizal saat dihubungi.

Untuk rapid tes atau swab pada saksi tersebut ditanggung oleh para calon kepala daerah. “Rapid test tersebut sebagai jaminan keselamatan dan kesehatan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih,”jelas Jasman Rizal.
 
Dia menambahkan, bila tidak melakukan rapid tes, wajib menjalankan protokol kesehatan.

“Saksi paslon harus berani menjamin dilakukan prokes yakni tetap pakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak selama bertugas di TPS.

Hal senada juga dikatakan Izwaryani menyatakan saksi saksi pasangan calon (paslon) yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) ada baiknya dilakukan rapid tes demi memberikan rasa aman dan nyaman pemilih saat pencoblosan.

“Untuk saksi memang tidak ada regulasi yang mengatur. Oleh karena itu  disarankan agar para paslon memfasilitasi rapid test atau swab bagi para saksi yang diturunkan ke TPS,”kata dia.

Sementara itu Alirman Sori Ketua Tim Pemenangan Paslon Mulyadi Ali Mukhni menyatakan saksi dari paslon Mulyadi -Ali Mukhni bakal melakukan rapid tes.

“Sudah dalam pembicaraan tim pemenangan, saksi paslon Mulyadi – Ali Mukhni bakal lakulan rapid tes,”kata dia.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dalam tahapan pilkada, dengan menghadirkan saksi di TPS yang sudah dipastikan tidak terjangkit Covid-19.

“Ini sebagai bentuk komitmen kita bersama, jangan sampai pilkada menimbulkan klaster baru Covid-19,”ucap Alirman Sori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*