Sastrawan Turut Meriahkan Momen HJK dengan Puisi

Padang Panjang, Padang-Today.com – Berkomitmen menuju kota literasi, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang momentum perayaan HJK ke-227 mengadakan berbagai kegiatan. Di antaranya lomba baca puisi tingkat nasional yang menampilkan puluhan sastrawan dari berbagai daerah.

Advertisements

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padangpanjang, Alvi Sena menyebut kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan hari jadi kota tersebut untuk menambah kunjungan dan partisipasi dari semua masyarakat seluruh Indonesia, berkunjung lagi dan lagi ke daerah berjuluk Serambi Mekkah ini.

“Kegiatan tersebut merupakan suatu pemanasan untuk membuat sebuah gebrakan kegiatan yang lebih besar lagi, karena pada Mei 2018 direncanakan kegiatan serupa akan menghadirkan peserta se-Asia Tenggara,” ujar Alvi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Padangpanjang, Hendri Fauzan menilai kegiatan yang diselenggarakan pihak Dinas Arsip dan Perpustakaan tersebut sangat berpengaruh positif terhadap promosi wisata daerah berhawa sejuk itu.

Pelaksanaan kegiatan yang diikuti sebanyak 160 peserta dari berbagai daerah di Indonesia menjelang puncak perayaan HJK tersebut, diharapkannya menjadi aikon dan agenda tetap dinas terkait dalam mendukung program promosi wisata Padangpanjang di bidang pendidikan. Sebagai kota tujuan pendidikan, disebutkannya dapat berwujud konsistensi kegiatan yang mengarah pada pengembangan minat bakat literasi.

“Berbagai upaya dan program kerja dari Dinas Pariwisata, tentu akan sangat terbantu dengan adanya singkroniasi pada dinas terkait lainnya. Salah satunya kegiatan sastra dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada momen HJK kemarin, diselenggarakan di salah satu pusat objek wisata Padangpanjang. Yakni di kawasan PDIKM, yang dapat dinikmati langsung wisatawan,” ucap Fauzan.

Festival Nasional

Sementara Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Padangpanjang Busmar Candra mengatakan selama perayaan HJK ke 227 kota itu juga telah digelar festival nasional. Mulai dari Lomba modifikasi otomotif khusus roda dua, lomba layang-layang dan Burung Berkicau.

Selain tingkat nasional juga ada kegiatan tingkat kota seperti Memasak Cangkuak, Lomba Puisi, Lomba Da’i Cilik, Tartil, MSQ, Marching Band TPQ, dan lainnya.

Sedangkan untuk lomba keagamaan lainnya seperti lomba Da’i, Lomba irama Tartil, MSQ, dan Marching Band TPQ yang akan dilaksanakan di beberapa tempat di Padangpanjang seperti Gedung M. Syafe’I, Masjid Asliyah, Al-Ikhlas, serta Tabliq Akbar dilapangan Secata – B.

“Acara puncak yang digelar pada 1- 2 Desember lalu di lapangan Bancahlaweh, menghadirkan artis Ibu kota. Dinas Pariwisata bersinergi dengan dinas lainnya, menyiapkan dengan baik dan maksimal untuk pergelaran rangkaian festival nasional tersebut, dan Alhamdulillah semua berjalan baik serta lancar,” ujar Busmar terpisah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*