Satpol PP Bukittinggi Gelar Razia

 

atpol PP Bukittinggi Bersama Tim Yustisi Saat Menertibkan PKL di Fly Over.

atpol PP Bukittinggi Bersama Tim Yustisi Saat Menertibkan PKL di Fly Over.

Bukittinggi,PADANGTODAY.COM -Satpol PP bersama tim yustisi meliputi Kepolisian, Kodim 03/04 Agam dan Subdenpom Selasa (9/9) siang mengadakan kegiatan razia dan penertiban pedagang kaki lima dan bangunan liar di seputaran pembangunan fly over atau jalan layang di ruas jalan by pass Aur Kuning Bukittinggi.

Kepala Kantor Satpol PP Bukittinggi Syafnir mengatakan, razia ini sebagai tindak lanjut dari Perda nomor 25 tahun 2004 tentang ketentraman dan ketertiban umum, dan Satpol PP sebagai aparat penegak perda berkewajiban menertibkan segala bentuk aktivitas masyarakat yang melanggar aturan dimaksud.

“Seperti  halnya di seputaran pembangunan fly over atau jalan layang ini, keberadaan pkl dan bangunan liar sudah sangat mengganggu aktivitas dan kelancaran proyek, termasuk badan jalan yang mereka pakai juga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas, terutama dari arah pintu keluar terminal simpang aur yang berdekatan dengan pembangunan fly over, “ujarnya.

Menurut Syafnir, dari kegiatan penertiban yang dilaksanakan hari ini, sebanyak 13 unit bangunan liar berhasil diamankan, selain dibongkar secara paksa dan terjadinya perlawanan dengan pemilik, diantara mereka juga ada yang merobohkan bangunan nya sendiri.

“Sebelum razia dan penertiban ini dilaksanakan, pihak Satpol PP sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi pada pkl untuk tidak lagi menggelar barang dagangan di ruas jalan by pass lokasi pembangunan, termasuk memberikan surat peringatan satu, dua hingga tiga, namun teguran itu tidak mereka tanggapi, sehingga dilakukan penindakan secara tegas, “ ungkapnya

Syafnir menambahkan, setelah penertiban bangunan liar dan lapak pkl ini dilaksanakan, kondisi di seputaran pembangunan fly over atau jalan layang telah tertib, namun ada satu titik lagi dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang keberadaan tanahnya masih dalam tahapan penyelesaian oleh tim konsolidasi jalan by pass.

“Bagi para pkl yang tidak mengindahkan aturan pasca razia dan penertiban ini dilakasanakan, mereka akan diberikan sanksi tegas sebagai efek jera, dengan mengambil barang bukti untuk  diproses di pengadilan, “tegas Syafnir. (doni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*